Kandungan Nutrisi pada Farro yang Ampuh Jaga Kesehatan Kulit

doktersehat-khasiat-farro-untuk-kulit
Photo Credit: Pexels.com/ chris howard

DokterSehat.Com– Bicara soal biji-bijian utuh atau yang biasa disebut dengan istilah whole grain, ternyata tidak hanya terdiri dari gandum saja. Biji-bijian utuh juga memiliki beragam jenis yang selama ini tidak banyak diketahui oleh masyarakat banyak. Salah satunya adalah farro. Bahkan, farro merupakan salah satu biji-bijian utuh yang penggunaannya sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Tidak hanya mengandung serat tinggi, farro juga mengandung beragam bahan aktif yang dapat membantu Anda dalam merawat kesehatan kulit seperti berikut.

1. Mencegah Dampak Buruk Radikal Bebas

Dilansir dari laman Dr. Health Benefits, farro merupakan biji-bijian utuh yang mengandung antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan bahan aktif yang menjaga kulit dari dampak buruk radikal bebas. Pada umumnya, antioksidan akan menghalau sinar radiasi dari UV yang dapat menembus dan merusak kulit. Lebih lanjut, kandungan antioksidan juga akan menjadikan kulit lebih terlindungi, terutama dari udara yang mengandung polusi mau pun bahan-bahan kimia berbahaya.

2. Mencegah Sel Kanker

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan atau pengonsumsian farro adalah menghindarkan kanker kulit. Farro merupakan salah satu bahan alami yang dapat mencegah pertumbuhan dari sel kanker pada tubuh termasuk kanker kulit. Bahkan penggunaan farro justru menjadikan kulit terasa lebih lembap.

3. Menjadikan Kulit Lebih Lembap

Farro merupakan salah satu biji-bijian utuh yang dilengkapi dengan protein. Protein merupakan bahan aktif yang berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit. Tidak heran jika mengonsumsi farro secara rutin dapat mencegah kulit mengalami pecah-pecah, mengelupas atau pun breakout.

4. Menjadikan Kulit Lebih Glowing

Kandungan zat besi padafarro dapat merangsang darah mengangkut lebih banyak oksigen ke sel-sel tubuh, termasuk sel kulit. Akibatnya, kulit akan tampak lebih glowing dan merona secara alami. Tidak hanya itu saja, kulit juga tampak lebih segar dan sehat.

Farro sendiri biasa dikonsumsi sebagai salah satu bahan dalam menu diet sehat. Namun, belakangan ini sudah banyak minyak yang terbuat dari ekstraksi farro dan digunakan untuk beberapa tujuan. Salah satunya adalah untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit secara alami.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik