Kandungan Gizi Plum Untuk Kesehatan

DokterSehat.Com – Plum merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan di Amerika Serikat, Eropa, Jepang dan Cina, begitu juga di Indonesia dikarenakan kandungan gizi yang terdapat pada buah plum sangat bermanfaat untuk kesehatan. Banyak kultivar plum yang tumbuh di seluruh dunia, yang membedakannya adalah warna, ukuran dan jadwal panen sesuai denga daerah tanam. Pada umumnya plum berukuran 5-6 cm dengan berat 50-70 gram.

9

Sedangkan secara warna plum dapat berwarna krem kekuningan, merah, warna biru muda atau hijau tergantung pada jenis kultivar. Adapun rasa yang dihasilkan dari buah plum yaitu rasa manis dengan aroma yang khas dan harum. Manfaat gizi plum terletak pada daging yang memiliki rendah kalori yaitu 46 kalori per 100 gram dan tidak mengandung lemak jenuh, namun mengandung banyak senyawa yang baik untuk kesehatan seperti kandungan mineral dan vitamin.

Selain itu kandungan serat, sorbitol, dan isatin dikenal dapat membantu untuk mengatur fungsi sistem pencernaan dan juga meringankan kondisi sembelit. Plum merupakan sumber vitamin C yang moderat dan juga merupakan antioksidan alami yang kuat. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C dapat membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, peradangan dan radikal bebas berbahaya. Plum segar merupakan sumber vitamin A dan beta karoten.

Vitamin A sangat penting untuk penglihatan mata yang baik. Hal ini juga diperlukan untuk menjaga selaput lendir yang sehat dan kulit. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A telah ditemukan untuk melindungi dari paru-paru dan kanker rongga mulut. Plum juga baik dalam memberikan kesehatan flavonoid poli fenolik antioksidan seperti cryptoxanthin, lutein dan zea-xanthin dalam jumlah yang banyak. Senyawa ini membantu bertindak sebagai penangkal radikal bebas oksigen yang diturunkan dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan berbagai jenis penyakit.

Baca Juga:  Merokok Berhubungan Erat Dengan Skizofrenia

Plum memiliki kandungan mineral dan kalium yang berlimpah yaitu fluoride dan besi. Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah sedangkan kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Kandungan vitamin dari buah plum dalam kelompok B-kompleks vitamin seperti niacin, vitamin B-6 dan asam pantotenat.

Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor membantu tubuh dalam metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak. Plum  juga menyediakan sekitar 5% kadar RDA vitamin K. Vitamin K sangat penting bagi banyak fungsi faktor pembekuan dalam darah serta dalam metabolisme tulang dan membantu mengurangi penyakit Alzheimer pada orang lanjut usia.

Bagi anda yang ingin menyajikan plum dalam menu makan sehari-hari, anda bisa menyajikan plum untuk tambahan salad, plum juga dapat dijadikan bahan untuk kue, dessert, selai dan juga jeli, plum dapat dioleh baik secara dipanggang atau dimasak adapun untuk plum kering biasanya ditambahkan pada beberapa muffin, kue, es krim. Meskipun plum sangat bermanfaat untuk kesehatan anda akan tetapi porsi yang tepat dalam mengkonsumsi buah ini sangat dianjurkan.

Plum mengandung asam oksalat, zat yang terjadi secara alamiah ditemukan di beberapa buah-buahan dan sayuran, yang dapat mengkristal sebagai batu oksalat di saluran kemih pada beberapa orang. Oleh karena itu, orang dengan oksalat batu saluran kemih dikenal disarankan untuk menghindari makan plum. Asupan air yang disarankan untuk mempertahankan output urine yang normal bahkan jika orang-orang ingin mengkonsumsinya.