Kandungan Gizi Oatmeal yang Membuatnya Ampuh Lawan Lemak

doktersehat-oatmeal-gizi
Photo Credit: Flickr.com/Marco Verch

DokterSehat.Com– Apakah Anda rutin mengonsumsi oatmeal? Makanan yang satu ini memang sudah tak asing lagi ya. Bukan hanya karena dikenal sebagai makanan sehat, namun juga kemudahan memperolehnya yang kini tersedia cukup banyak di pasaran. Kira-kira apa saja sih kandungan gizi yang ada pada oatmeal? Benarkah oatmeal bisa melawan lemak dalam tubuh?

Ya, salah satu manfaat unggulan yang paling terkenal pada oatmeal adalah fungsinya dalam menurunkan lemak darah tubuh utamanya lemak jahat atau LDL.

Hal ini memang telah terbukti pada cukup banyak penelitian yang melibatkan orang dewasa di Cina dan negara-negara eropa.

Kandungan gizi pada oatmeal yang membuatnya ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan akibat lemak jahat, adalah:

1. Serat

Seperti yang kita ketahui, serat adalah salah satu zat gizi yang sangat penting untuk tubuh. Tidak hanya untuk pencernaan dan gula darah, namun juga untuk menurunkan kolesterol. Kandungan serat pada oatmeal termasuk tinggi, utamanya jika oatmeal yang Anda konsumsi adalah oatmeal dari gandum atau tambahan biji-bijian utuh.

2. Beta glukan

Kandungan beta glukan yang ada pada oatmeal akan membantu fungsi organ hati dan empedu yang akan menghasilkan zat produksi organ yang mampu menghambat penyerapan lemak jahat dalam tubuh. Hal ini terjadi karena kandungan oatmeal mampu memberikan gizi yang diserap di pencernaan untuk merangsang fungsi organ hati dan empedu.

3. Senyawa lignan

Pada oatmeal juga terdapat senyawa lignan yang terbukti mampu mencegah risiko penyakit jantung atau stroke. Hal ini secara tidak langsung tentu juga akan memengaruhi penyerapan lemak darah tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal maka konsumsi oatmeal dianjurkan rutin paling tidak 3-4 kali dalam seminggu dengan porsi yang cukup sebagai pengganti satu kali makanan utama.

Jangan lupa untuk melengkapi dengan pilihan topping dan campuran bahan sehat, misalnya buah, kacang-kacangan atau taburan bubuk kayu manis, ya.