Kandungan di Dalam Cabai Ternyata Bisa Membunuh Sel Kanker Payudara

DokterSehat.Com – Salah satu bahan makanan favorit masyarakat tanah air adalah cabai. Tanpa adanya cabai, kita tentu tidak akan bisa menikmati sambal yang pedas, bukan? Tak hanya nikmat, sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta yang bisa membuat kita akan semakin gemar mengkonsumsi cabai yang pedas ini. Dari penelitian ini, diketahui bahwa kandungan di dalam cabai ternyata mampu membunuh sel kanker sehingga diyakini mampu melawan berbagai penyakit kanker berbahaya, termasuk kanker payudara.

doktersehat-cabai-cabe

Kandungan di dalam cabai yang mampu melawan sel kanker ini adalah capsaicin. Sebenarnya, kandungan aktif di dalam cabai ini adalah yang bertanggung jawab akan adanya rasa pedas. Namun, capsaicin ternyata memiliki kemampuan unik dalam mengubah saluran pada sekitar sel kanker yang pada akhirnya membuatnya mati. Tak hanya kanker payudara, kanker pankreas dan juga kanker kolon bisa dilawan oleh capsaicin ini.

Sayangnya, capsaicin ini tidak akan memberikan dampak besar bagi penyakit kanker andai dimakan, disuntikkan, atau dihirup. Dari penelitian yang dilakukan di Ruhr-University, Bochum, Jerman ini, capsaicin hanya akan mampu melawan sel kanker andai dicampurkan dalam obat yang memang ditugaskan untuk melawan sel kanker. Dr. Lea Weber, salah seorang pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian, menyebutkan jika capsaicin mampu menginduksi sel kematian atau apoptosis sekaligus menghalangi pertumbuhan berbagai jenis sel kanker. Kandungan dalam cabai ini juga mampu melindungi sel-sel normal dalam tubuh kita. Capsaicin ini mampu menempel pada tepi sel kanker dan pada akhirnya mengendalikan zat-zat layaknya kalsium dan sodium pada sel kanker ini. Lama-kelamaan, kondisi ini akan menghancurkan sel kanker.

Dengan adanya hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Breast Cancer ini, diharapkan kita bisa mendapatkan obat untuk mengatasi atau mencegah berbagai macam kanker dengan lebih baik segera di masa depan.