Mengenal Kandungan Bahan Aktif pada Biji Teh Hijau yang Baik untuk Kesehatan Kulit

doktersehat-kandungan-biji-teh-hijau
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Biji dari teh hijau rupanya juga menjadi salah satu bahan alami yang kerap ditambahkan pada sejumlah produk perawatan kulit. Biasanya, biji teh hijau akan diekstrak dalam bentuk minyak yang dikenal dengan nama minyak Camellia. Bicara soal minyak Camellia, siapa yang menyangka jika bahan alami satu ini mengandung beragam manfaat baik untuk kulit. Tentu saja hal tersebut berkaitan dengan kandungan bahan-bahan aktif yang ada di dalamnya, seperti:

1. Antioksidan

Dilansir dari laman Oil Health Benefits, minyak Camellia ini merupakan salah satu sumber dari antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan sendiri merupakan bahan aktif yang dapat melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas. Terutama yang disebabkan oleh paparan sinar ultra violet (UV) dan juga bahan-bahan kimia berbahaya. Antioksidan juga membantu kulit tetap sehat dan terhindar dari sejumlah masalah seperti jerawat hingga breakout.

2. Cicatrizant

Kulit wajah yang sempurna biasanya digambarkan dengan kondisi kulit yang bersih dan tanpa noda. Namun, kerap kali sejumlah masalah kulit justru memicu luka terbuka yang juga meninggalkan bekas menghitam mau pun bopeng. Jangan terburu-buru menjajal perawatan laser untuk mengatasinya. Anda dapat menggunakan minyak Camellia atau minyak biji teh hijau untuk mengembalikan tekstur kulit wajah. Apalagi minyak Camellia mengandung cicatrizant yang menstimulasi proses penyembuhan kulit lebih cepat.

3. Anti Bakteri

Pemilik kulit sensitif tentu sangat rentan terserang infeksi bakteri, virus dan jamur. Maka dari itu, pemilik kulit sensitif biasanya memerlukan perawatan kulit yang berbeda dan lebih ekstra dalam melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak Camellia. Minyak Camellia merupakan salah satu minyak esensial yang mengandung bahan anti bakteri. Tidak heran jika kulit menjadi lebih bersih dan steril.

Mungkin masih banyak dari Anda yang belum mengenal minyak Camellia atau minyak biji green tea. Namun, sejumlah merk produk perawatan kulit ternama, terutama yang berasal dari Korea Selatan sudah memperkenalkan satu rangkaian produk yang menggunakan minyak Camellia sebagai formula andalannya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik