Kandidiasis Seperti Sariawan Di Organ Genital

DokterSehat.com – Kandidiasis merupakan infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Jamur ini bisa menginfeksi beberapa bagian tubuh, termasuk daerah intim pria atau wanita.



Pria yang terinfeksi kandidia bisa menularkan kepada pasangannya melalui hubungan seksual. Jamur Candida juga bisa berkembang akibat sering menggunakan pakaian ketat atau bahan yang tidak menyerap panas sebab kebiasaan tersebut bisa mencegah ventilasi alami.

Bila seorang wanita terinfeksi kandidiasis maka akan merasakan nyeri, gatal, panas, dan kemerahan (seperti sariawan) pada vagina, anus, dan vulva. Keputihan juga bisa dialami bersamaan rasa nyeri ketika berhubungan seks dan buang air kecil.

Sementara pada pria, kandidiasis dapat menimbulkan pembengkakan yang disertai rasa sakit di ujung penis,kering, gatal, dan kulit penis terkelupas sampai menyebabkan munculnya rasa sakit ketika buang air kecil. Gejala ini bisa menyebar ke daerah lainnya seperti bokong, paha, dan skrotum.

Infeksi ini berisiko dialami orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Dr Carol Munro dari Universitas Aberdeen mengatakan bila tidak dibunuh langsung oleh obat, jamur dapat membuat obat tidak efektif dengan mengubah struktur sel dan bisa menyebarkan infeksi lebih luas.

Disarankan sebelum menikah atau berhubungan intim, kedua pasangan sebaiknya melakukan pengecekan di laboratorium dengan menguji sampel lendir uretra pria dan lendir serviks wanita. Lebih baik lagi jika melakukan pemeriksaan pap smear bagi wanita.

Bila ditemukan adanya bakteri maka dokter akan memberikan antibiotika atau anti jamur yang sesuai dengan bakteri atau mikroorganisme yang ditemukan dalam pemeriksaan di laboratorium.

Untuk cara yang lebih alami candida bisa diatasi dengan memperbaiki pola makan, yakni dengan mengkonsumsi makanan kaya serat, yoghurt yang mengandung bakteri lactobacillus, dan makanan-makanan yang mengandung antibiotik alami seperti akar jahe, bawang putih, bawang bombay, bawang merah, brokoli, lobak, kubis, dan kembang kol.

Baca Juga:  Teh Hijau Diyakini Mampu Menghambat Penyakit Tuberkulosis

Selain itu anda juga perlu mengkonsumsi suplemen vitamin A, vitamin C, selenium, dan zinc. Ingatlah untuk menjaga kecukupan nutrisi dan oksigen anda, karena candida tidak bisa hidup di lingkungan yang kaya akan oksigen.