Kamu Termasuk Orang yang Malas Mandi? Pastikan Saja Bagian Tubuh Ini Selalu Bersih

DokterSehat.Com– Karena tinggal di negara dengan cuaca yang panas dan bisa membuat banyak berkeringat, kebanyakan orang di Indonesia memilih untuk mandi dua kali dalam sehari, yakni di pagi hari atau di sore atau malam hari. Mandi di pagi hari bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat sehingga bisa membuat tubuh lebih siap untuk melakukan berbagai aktifitas. Sementara itu, mandi di sore atau malam hari bisa membuat tubuh menjadi lebih bersih sehingga sangat nyaman untuk beristirahat. Hanya saja, cukup banyak orang yang malas mandi karena alasan kelelahan atau memang pada dasarnya malas untuk melakukannya.

doktersehat-mandi-air-hangat-tidur-nyenyak

Tahukah anda jika setiap harinya kita bisa terpapar sekitar 1.000 jenis bakteri yang berasal dari udara, keringat, dan lain sebagainya? Tak hanya itu, kita juga bisa terpapar setidaknya 40 jenis jamur akibat dari aktifitas sehari-hari. Jika kita tidak mandi, maka paparan bakteri dan jamur tersebut tentu bisa menyebabkan penyakit yang tidak bisa disepelekan.

Memang, pada tubuh terdapat bakteri baik yang bisa melawan berbagai bakteri jahat tersebut. Namun, beberapa bagian tubuh seperti paha dalam atau selangkangan, pantat, ketiak, atau wajah cenderung memproduksi keringat dan minyak alami dengan lebih banyak sehingga jika bagian tersebut tidak dibersihkan dengan mandi, maka kita pun akan mengalami masalah seperti gerah, bau badan, iritasi, penyakit kulit, dan penyakit lainnya.

Andai kita memang orang yang malas mandi, pakar kesehatan menyarankan kita untuk setidaknya membersihkan bagian tubuh yang lebih banyak memproduksi keringat dan minyak alami tersebut. Sementara itu, jika kita baru saja selesai mandi, ada baiknya kita mengeringkan bagian-bagian tubuh tersebut dengan baik agar tidak lembab dan tidak menjadi tempat ideal bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak.