Kamar Tidur yang Bising Ternyata Membuat Wanita Lebih Sulit Untuk Hamil

DokterSehat.Com– Cukup banyak pasangan suami istri yang sudah menikah dalam waktu yang sangat lama namun tidak kunjung bisa mendapatkan kehamilan. Kebanyakan orang biasanya akan menduga jika salah satu atau kedua dari pasangan tersebut pasti terkena gangguan kesuburan sehingga tidak bisa segera hamil. Namun, dalam sebuah penelitian kesehatan terbaru, ditemukan sebuah fakta menarik tentang penyebab dari tidak kunjung mendapatkan kehamilan yang selama ini tidak kita duga. Penyebab tersebut adalah kamar tidur yang bising. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

dotersehat-kamar-tidur-alergi

Adalah pakar kesehatan yang berasal dari Seoul National University yang ada di Korea Selatan yang menemukan fakta ini. Hasil penelitian mereka bahkan dipublikasikan dalam jurnal berjudul Environmental Pollution. Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa suara bising yang mencapai kamar tidur akan membuat kualitas sperma pria bisa menurun drastis sehingga bisa menurunkan kemungkinan untuk mendapatkan kehamilan.

Jika kamar tidur pasangan terpapar polusi suara hingga 55 desibel saat malam hari, paparan yang bisa muncul pada kamar-kamar di rumah atau apartemen yang ada di pinggiran kota besar, maka hal ini bisa berpengaruh buruk pada kesuburan pria. Fakta ini didapatkan setelah para pakar kesehatan meneliti data dari 200 ribu pria dengan rentang usia 20 hingga 59 tahun. Dalam data tersebut, ditemukan fakta bahwa pria yang kerap terpapar kebisingan pada malam hari memang cenderung mengalami masalah ketidaksuburan.

Tak disangka, kebisingan yang berlebihan pada kamar tidur bisa memicu gangguan tidur, baik itu tidak bisa tidur dengan nyenyak hingga kurang tidur. Sayangnya, gangguan tidur ini pada akhirnya juga bisa menyebabkan penurunan kualitas produksi sperma. Tak hanya itu, polusi suara ini juga bisa meningkatkan resiko terkena masalah kesehatan lain berbahaya layaknya penyakit jantung.