Kalazion, Bukan Sekedar Bintit

DokterSehat.com – Kalazion adalah peradangan granulomatosa kelenjar Meibom yang tersumbat. Kondisi ini menyebabkan munculnya benjolan kecil di kelopak mata yang disebabkan adanya penyumbatan kelenjar minyak dalam kelopak mata.



Penyebab
Kelenjar Meibom merupakan kelenjar sebasea yang memproduksi minyak guna membentuk permukaan selaput air mata. Penyumbatan pada saluran kelenjar Meibom menyebabkan tumbuhnya kalazion pada kelopak mata.

Gejala
Awalnya gejala kalazion hampir sama dengan hordeolum, yakni

  • Kelopak mata bengkak
  • Nyeri
  • Iritasi

Kemudian setelah beberapa hari gejala menghilang namun kelopak mata tetap bengkak membentuk bundaran tanpa rasa nyeri dan tumbuh secara perlahan. Di bawah kelopak mata terbentuk daerah kemerahan atau abu-abu.

Diagnosa
Diagnosis akan ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan kelopak mata. Terkadang penyumbatan saluran kelenjar Meibom disebabkan oleh kanker kulit. Untuk memastikannya perlu dilakukan biopsi.

Pengobatan
Bila kalazion mulai menunjukkan gejala segeralah kompres kelopak mata dengan air hangat selama 10-15 menit, lakukan minimal 4 kali tiap hari. Pengompresan hangat bisa melunakkan minyak yang mengeras dan menyumbat saluran sehingga dapat mempermudah pengaliran dan penyembuhan.

Kalazion juga bisa menghilang tanpa pengobatan dalam waktu 1 bulan, namun bila kalazion makin membesar mungkin diperlukan pembedahan. Biasanya pembedahan dilakukan di bawah kelopak mata agar tidak membentuk jaringan parut di kulit. Selain itu, obat tetes mata yang mengandung antibiotik biasanya digunakan beberapa hari sebelum dan sesudah pengangkatan kalazion.