Kaku Setiap Bangun Pagi Bisa Jadi Gejala Penyakit Ini

tangan-kaku-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Gevat Gawthorp

DokterSehat.Com– Banyak orang merasa kaku saat terbangun, tapi bagi sebagian orang, sakit yang berkepanjangan bisa berarti awal rheumatoid arthritis (RA) atau peradangan kronis pada sendi, atau bisa disebut rematik.

Hal ini tidak biasa bagi orang untuk menjadi kaku dan pegal saat terbangun setelah tidur nyenyak. Tapi dalam beberapa kasus, kekakuan pagi untuk jangka waktu lama bisa menjadi indikator awal rheumatoid arthritis.

Menurut Arthritis Foundation, jika kekakuan pagi berlangsung selama lebih dari satu jam, bisa berarti awal rheumatoid arthritis, bentuk radang sendi autoimun. Periset sudah mencapai kesimpulan yang sama dalam sebuah penelitian.

Kekakuan sendi bisa terjadi pada satu atau beberapa persendian. Hal ini bisa ringan, sedang, atau parah dalam intensitasnya.

Intensitasnya tidak selalu menunjukkan apakah itu osteoartritis (nyeri sendi), penuaan, atau RA, namun durasi kekakuannya bisa terjadi.

Jika kekakuan di pagi hari dengan jangka waktu lama, dalam hal ini satu sampai dua jam, Anda harus menghubungi dokter spesialis perawatan primer atau rheumatoid arthritis untuk menyingkirkan RA.

Profesional medis dapat melakukan tes yang mencakup pemeriksaan darah, sinar-X, pemindaian tulang, pemeriksaan fisik, dan pencitraan lainnya.

“Anda bisa menggunakan buku harian untuk melacak gejala seperti kekakuan pagi,” kata Tina Burke, seorang pelatih kesehatan di Pennsylvania.

“Mencatat gejala di jurnal, seperti kekakuan, nyeri, dan kelelahan, dan juga melacak berapa hari dan berapa lama gejala ada dapat membantu untuk menunjukkan kepada dokter,” Burke menambahkan.

Ada yang mengatakan bahwa kekakuan di pagi hari adalah indikator pertama dari sebuah masalah.

“Saya mengalami rasa sakit dan kekakuan setiap kali terbangun. Saya memberi tahu dokter dan pada awalnya mereka tidak peduli, tapi akhirnya menguji saya untuk RA, dan saya terntara mengidapnya,” kata Stacey Hoover, salah satu pasien.

Setiap bagian tubuh dapat dipengaruhi oleh kekakuan pagi, namun banyak pasien mengalaminya dengan tangan dan lutut.

Sementara RA tidak memiliki penyembuhan, diagnosis dini dan pengobatan dini dapat membantu memperbaiki hasil.

Arthritis Foundation merekomendasikan untuk melihat rheumatologist jika kekakuan di pagi hari tetap ada.

Jika kekakuan pagi berlangsung kurang dari setengah jam, mungkin terjadi osteoartritis.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik