Kaki Mudah Sakit Jika Sepatu Kita Tidak Nyaman

DokterSehat.Com – Semua orang tentu berusaha sebaik mungkin agar memiliki tampilan yang maksimal. Selain memiliki tatanan rambut terbaik dan menjaga kesehatan kulit, banyak orang yang memperhatikan fashion pada baju yang dikenakan hingga sepatu yang dipakai. Sayangnya, dibalik kerennya fashion, banyak produk-produk yang justru bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh. Sepatu bisa menjadi contoh yang tepat. Penggunaan sepatu yang tidak cocok dan tidak nyaman bagi kaki kita ternyata bisa menyebabkan lecet-lecet atau bahkan rasa nyeri yang terhadi setiap hari.



Meskipun keren, jika sepatu kita sudah terlalu kecil bagi ukuran kita, maka kita tentu harus menggantinya dengan yang baru dan lebih sesuai. Banyak remaja yang tidak ingin membeli sepatu baru meskipun sepatunya sudah terlalu kecil karena perkembangan tubuhnya. Sepatu yang terlalu sempit bisa memicu masalah postur dan tulang tubuh karena kita akan berdiri dan berjalan dengan postur yang tidak sempurna. Selain itu, ukuran sepatu yang terlalu kecil akan membuat ujung kaki kita tidak bisa bernafas dan terus bergesekan dengan sepatu. Hal ini bisa membuat area tumit atau bahkan jari kaki akan mengalami pembengkakkan atau lecet-lecet yang tentu akan sangat menyiksa.

Sepatu yang tidak nyaman ternyata juga bisa memicu kulit kaki yang mengeras atau disebut dengan kapalan dan bahkan bisa membuat masalah nyeri sendi dan benjolan pada mata kaki. Dalam beberapa kasus, kaki bisa mengalami memar-memar dan karena kuku tidak bisa dengan bebas tumbuh ke luar, kuku justru akan berbalik tumbuh ke area dalam yang tentu akan memberikan rasa sakit yang luar biasa. Selain itu, sepatu yang sudah terlalu lama dipakai dan memiliki alas yang cenderung terlalu tipis ternyata juga bisa membuat telapak kaki menjadi sakit dan membuat resiko terkena penyakit plantar fascitis, cedera pada punggung kaki.

Baca Juga:  Awas, Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kedelai Bisa Menyebabkan Gangguan Kesehatan Berikut

Banyak pakar kesehatan yang berkata jika sepatu haruslah rutin diganti setidaknya 9 bulan atau satu tahun sekali. Penggantian sepatu ini akan menjaga langkah kita tetap dalam kondisi nyaman tanpa adanya gangguan pada kaki yang tentu akan terasa sakit. Hanya saja, kita tentu harus mengingat satu aturan dalam memilih sepatu, yakni sepatu haruslah nyaman dipakai dengan ukuran yang tepat sehingga kaki kita pun terbebas dari resiko terkena banyak masalah kesehatan.