Kaki Mengalami Kondisi Ini? Waspadai Penyakit Serius

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, kaki kita tidak selalu berada dalam kondisi yang mulus atau bersih. Kadangkala kaki terlihat kering, pecah-pecah, atau bahkan mengalami kebas. Yang tidak diduga adalah, berbagai kondisi kaki ini ternyata juga bisa menandakan adanya penyakit serius.

doktersehat-kaki-kesemutan

Kaki kering dan pecah-pecah
Jika kaki kita terlihat kering atau bahkan pecah-pecah meskipun kita sudah sering menggunakan lotion pelembab, maka bisa jadi hal ini adalah tanda dari masalah gangguan tiroid. Hal ini sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Bulu kaki rontok
Meskipun kerap dianggap sebagai hal yang tidak berguna, dalam realitanya bulu kaki bisa menandakan adanya masalah kesehatan. Bulu kaki yang rontok bisa jadi menandakan adanya gangguan pada pembuluh darah periferal yang mempengaruhi lancarnya sirkulasi darah. Tanpa sirkulasi darah yang lancar, maka rambut pada kaki akan mengalami gangguan pertumbuhan.

Jempol kaki yang terasa nyeri
Jempol kaki yang terasa nyeri bisa jadi adalah tanda akan adanya masalah asam urat. Tak hanya jempol, persendian kaki yang terasa nyeri juga bisa menandakan hal ini. Jika hal ini terjadi, kurangi konsumsi makanan yang kaya purin dan segera periksakan kondisi tubuh ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

Bisul pada kaki
Bisul pada kaki yang tak kunjung sembuh bisa jadi adalah tanda bahwa kadar gula dalam tubuh sudah tidak terkendali atau tanda awal dari diabetes.

Adanya garis merah dan tipis pada bawah kuku
Jika kita melihat adanya garis merah yang tipis pada bagian bawah kuku, bisa jadi hal ini adalah tanda jantung sedang mengalami infeksi yang disebut sebagai endocarditis. Garis ini menandakan adanya pembuluh darah yang putus akibat dari infeksi ini.

Bengkak pada jempol atau jari kaki
Meskipun seringkali disebabkan oleh keseleo, jempol atau jari kaki yang bengkak yang muncul tanpa ada sebab yang jelas bisa jadi menandakan infeksi paru kronik, kanker paru, hingga penyakit jantung.

Lubang pada kuku
Jika ada lubang yang muncul pada kuku kaki, bisa jadi hal ini adalah tanda dari penyakit psoriasis kuku.

Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut pada kaki, segeralah memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mengatahui masalah kesehatan yang muncul dan mendapatkan penanganan medis yang tepat.