Kaki Bengkak Bisa Disebabkan Oleh Hal-Hal Berikut

DokterSehat.Com – Kadangkala, kaki kita tiba-tiba saja terasa sangat tidak nyaman dan mengalami pembengkakan sehingga akan memberikan rasa sakit andai dipakai untuk berjalan. Pakar kesehatan Jacqueline Sutera dari American Podiatric Medical Association and Vionic menyebutkan jika ada banyak sekali penyebab dari munculnya kaki bengkak ini. Sebagai contoh, kita melakukan banyak aktivitas yang menuntut kita berdiri dan berjalan dari waktu yang lama sehingga bagian tulang gerak atau tulang ekstremitas akhirnya membengkak. Sebenarnya, apa sajakah pemicu kaki bengkak yang terkadang tidak kita sadari?

doktersehat-sakit-kaki-keseleo-mata-kaki

Sepatu yang kekecilan
Ada sebagian orang yang masih memakai sepatu dengan ukuran yang kekecilan hanya karena mereka sangat suka dengan sepatu tersebut. Padahal, hal ini akan membuat kaki beresiko mengalami lecet-lecet hingga pembengkakan. Pembengkakan pada kaki ini disebabkan karena sirkulasi darah dan cairan tubuh menjadi tidak lancar. Karena alasan inilah ada baiknya kita memakai sepatu dengan ukuran yang pas saja.

Bertambahnya berat badan
Tahukah anda, jika anda mengalami pertambahan berat badan, maka kita bisa mengalami kaki bengkak? American Pregnancy Association menyebutkan jika ibu hamil yang sedang dalam fase trimester ketiga yang biasanya cenderung lebih gemuk akan cukup mudah terkena masalah kaki bengkak, apalagi mengingat adanya fakta bahwa ibu hamil memproduksi darah dan cairan 50 persen lebih banyak, maka tentu resiko terkena pembengkakan pada kaki menjadi semakin besar.

Adanya gangguan sirkulasi darah
Kaki bengkak bisa terjadi karena adanya masalah pada sirkulasi darah layaknya varises atau insufisiensi vena, kondisi dimana kaki mengalami pembengkakan dan rasa nyeri karena katup vena mengalami kerusakan sehingga menimbulkan gumpalan darah. Ada baiknya kita segera memeriksakan hal ini ke dokter andai merasakan gejala tersebut.

Baca Juga:  Sudahkan Kita Memakai Celana Dalam Dengan Benar?

Infeksi
Kadangkala, infeksi bakteri atau jamur pada kaki hingga jari-jari kaki bisa menyebabkan peradangan yang pada akhirnya memicu kaki bengkak. Segeralah memeriksakan hal ini ke dokter untuk mendapatkan resep yang mampu meringankan masalah tersebut.