Kaitan Hormon Estrogen Dengan Serangan Jantung

DokterSehat.Com – Hormon yang sangat identik dengan wanita adalah hormon estrogen. Hormon ini diyakini akan berpengaruh besar pada organ kewanitaan dan sistem reproduksi pada wanita. Selain itu, hormon estrogen ternyata juga bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan kaum wanita. Pakar kesehatan menyebutkan jika hormon estrogen ternyata bisa lebih melindungi wanita deri resiko terkena penyakit jantung.

shutterstock_258602474 copy

Adanya hormon estrogen diyakini bisa menjaga pembuluh darah wanita tidak mudah mengalami sumbatan yang disebabkan oleh plak. Sebagaimana kita ketahui, plak inilah yang menjadi penambah resiko terkena penyakit jantung. Selain menjaga pembuluh darah untuk tetap lebih elastis dan lebih licin sehingga penumpukan plak pun bisa diminimalisir, hormon estrogen juga memiliki fungsi yang baik karena bisa menjaga normalnya siklus menstruasi dan juga adanya kehamilan.

Sayangnya, hormon estrogen tidak selalu ada dalam tubuh wanita setiap saat. Seiring dengan bertambahnya usia, apalagi jika wanita mulai mengalami fase menopause, maka hormon estrogen pun akan semakin menurun dan pada akhirnya membuat wanita pun memiliki resiko terkena serangan jantung setara dengan kaum pria. Tidak seperti pria, jika wanita terkena serangan jantung, maka gangguan kesehatan ini bisa merembet ke berbagai gangguan yang berbahaya dan bahkan bisa menimbulkan masalah komplikasi. Sebagai contoh, serangan jantung akan diiringi dengan adanya kebocoran atau kerusakan pada katup jantung dan bilik jantung.

Saat wanita mengalami penurunan kadar estrogen karena fase menopause, maka pembuluh darah pun menjadi lebih rentan terkena penumpukan plak yang bisa menyumbat aliran darah dan membuat serangan jantung. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya wanita pun mulai menjaga kondisi kesehatannya dengan cara menerapkan pola makan sehat, rajin berolahraga dan juga menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol dalam kondisi yang normal.