3 Jenis Kacang-Kacangan yang Aman Dikonsumsi Ketika Sedang Diet

doktersehat-kacang

DokterSehat.Com– Saat sedang bersantai, paling nikmat jika sambil menyantap makanan ringan. Khusus bagi Anda yang sedang menjalankan proses penurunan berat badan, tidak semua jenis makanan ringan bisa Anda konsumsi.

Pasalnya, makanan ringan banyak yang mengandung kalori tinggi sehingga bisa menggagalkan usaha diet Anda. Oleh sebab itu, disarankan untuk memilih makanan sehat dan rendah kalori seperti kacang-kacangan.

Kacang-kacangan mengandung nutrisi lengkap yang baik untuk tubuh, seperti serat, karbohidrat kompleks, antioksidan, protein, serta berbagai vitamin dan mineral. Akan tetapi, tidak semua jenis kacang-kacangan bisa Anda konsumsi saat sedang diet. B

erikut adalah beberapa jenis kacang-kacangan yang aman dan sehat dikonsumsi:

1. Kacang polong

Jenis kacang-kacangan yang pertama adalah kacang polong. Kacang polong cukup mudah dijumpai. Biasanya, Anda menjadikannya sebagai cemilan ataupun sebagai pelengkapa masakan, seperti nasi goreng.

Jenis kacang-kacangan ini mengandung serat dan protein yang baik untuk tubuh. Satu cangkir kacang polong hanya mengandung 125 kalori, jadi cukup aman dikonsumsi saat sedang diet.

Manfaat lain dari kacang polong adalah kandungan serat di dalamnya mampu menjadi sumber makanan untuk bakteri sehat dalam usus, sehingga pencernaan bisa berfung dengan baik.

2. Kacang Kedelai

Selain kacang polong, kacang kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang digemari oleh banyak orang, khususnya masyarakat Indonesia. Jenis kacang-kacangan ini bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti tahu, tempe, kecap, susu kedelai, keju, dan masih banyak lainnya.

Dalam satu cangkir kacang kedelai hanya mengandung 298 kalori saja. Selain itu, kacang kedelai juga mengandung isoflavon, yakni sejenis antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Jadi, bisa diartikan bahwa mengonsumsi kacang kedelai tidak hanya bisa membantu menurunkan berat badan, melainkan juga bisa mencegah risiko penyakit berbahaya.

3. Kacang Merah

Jenis kacang-kacangan yang terakhir ini mungkin cukup populer di telinga Anda, yakni kacang merah. Kacang merah memang diyakini sebagai makanan ringan yang aman dikonsumsi ketika sedang diet.

Umumnya, kacang ini sering dikonsumsi dengan nasi dan diolah menjadi sup kacang merah yang lezat. Satu cangkir kacang merah mengandung 215 kalori. Serat yang terkandung di dalamnya dapat membantu mengurangi kadar gula darah, sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes.