Kacang Tanah, Makanan Sehat yang Bisa Mencegah Penyakit Jantung

DokterSehat.Com – Salah satu camilan yang sangat disukai oleh banyak orang adalah kacang tanah. Kacang tanah memang bisa dikonsumsi sebagai camilan yang nikmat saat kita melakukan berbagai aktifitas. Tak disangka, kacang tanah ternyata bisa memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat tersebut adalah memberikan perlindungan bagi kesehatan jantung kita.

kacang-doktersehat

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Pennsylvana State University di Amerika Serikat dan telah dipublikasikan dalam jurnal berjudul Journal of Nutrition yang terbit pada tanggal 30 Maret 2017 lalu, diketahui bahwa konsumsi kacang tanah secara rutin ternyata mampu menurunkan resiko serangan jantung dan stroke dengan signifikan.

Dalam penelitian ini, 15 pria yang memiliki konsisi sehat namun memiliki berat badan yang gemuk dan obesitas dilibatkan. Para pria ini kemudian diminta untuk mengkonsumsi kacang sebanyak 85 gram. Para partisipan kemudian diambil sampel darahnya untuk diteliti. Hasilnya adalah, para peserta ini mengalami penurunan kadar trigliserida, sejenis lemak yang bisa ditemukan dalam aliran darah, sebanyak 32 persen setelah mengkonsumsi kacang. Hal ini berarti, konsumsi kacang bisa membuat sel-sel yang melapisi pembuluh darah arteri menjadi lebih sehat dan kuat sehingga membuat pembuluh darah arteri pun menjadi lebih elastis.

Pakar kesehatan Penny Kris-Etherton yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan bahwa setiap kali kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, maka pembuluh darah arteri bisa menjadi lebih kaku sehingga akhirnya membuat aliran darah menjadi tidak lancar. Saat hal ini terjadi, maka jantung akan bekerja dengan jauh lebih keras sehingga akhirnya meningkatkan resiko terkena penyakit jantung atau penyakit kardiovaskular lainnya. Hal yang berbeda terjadi andai kita mengkonsumsi kacang tanah. Mengkonsumsi camilan sehat ini justru bisa membuat kita menurunkan resiko terkena penyakit jantung dengan lebih baik.