Kacang Tanah, Camilan Nikmat yang Memberi Banyak Manfaat Sehat

DokterSehat.Com – Kacang tanah adalah salah satu camilan yang digemari oleh banyak orang. Sayangnya, ada mitos yang menyebutkan jika terlalu banyak mengkonsumsi kacang tanah bisa membuat kita mengalami jerawat sehingga banyak orang yang akhirnya menghindarinya. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika ada banyak sekali manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh kacang tanah seperti sebagai berikut.



Baik bagi kesehatan jantung
Di dalam kacang tanah, kita bisa menemukan kandungan vitamin E, asam folat, mangaan, dan juga niacin. Kandungan-kandungan tersebut ternyata bisa membuat jantung kita semakin sehat. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan senyawa coenzyme Q10 yang berfungsi sebagai pelindung jantung dari berbagai masalah kesehatan dan juga penyakit berbahaya. Tak hanya jantung, rutin mengkonsumsi kacang tanah juga sangat baik bagi organ hati dan berbagai organ lainnya.

Baik bagi saluran pencernaan
Pakar kesehatan menyebutkan jika kacang tanah memiliki banyak sekali nutrisi yang membuat sistem pencernaan bekerja dengan maksimal. Selain itu, nutrisi kacang tanah juga akan membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Mencegah asma
Sebuah penelitian menyebutkan jika dengan rutin mengkonsumsi kacang tanah, kita akan menurunkan resiko terkena asma dengan signifikan. Bahkan, ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang tanah agar bayi terhindar dari resiko asma sejak dini.

Mencegah depresi
Senyawa dalam kacang tanah yang disebut sebagai tryphotan ternyata bisa mencegah stress dan depresi dengan signifikan. Saat penat, cobalah untuk mengkonsumsi camilan ini agar pikiran menjadi lebih tenang.

Mencegah Alzheimer
Kandungan niacin di dalam kacang tanah ternyata mampu meregenerasi sel otak dengan efektif sehingga kita pun akan lebih baik dalam mencegah Alzheimer di usia tua. Kita pun akan bisa menikmati masa tua dengan lebih menyenangkan andai rutin mengkonsumsi kacang tanah sejak usia muda.