Kacang Polong Efektif Cegah Kanker Usus

DokterSehat.com – Kabar gembira bagi Anda penggemar kacang polong! Baru-baru ini sebuah riset dari University of Colorado Cancer Center menemukan bahwa pati jenis resistance starch (RS) yang terkandung dalam kacang polong efektif melindungi tubuh dari serangan kanker usu atau kanker kolorektal.



Kandungan resistance starch yang terdapat dalam kacang polong tidak dapat dicerna sehingga begitu sampai di usus masih dalam wujud yang sama. Di dalam usus resistance starch menjalankan beberapa tugas penting, termasuk meingkatkan produksi asam lemak, penurunan waktu transit usus, dan penurunan pH. Adanya resistance starch juga mendorong berkembangnya bakteri baik dalam tubuh sekaligus membasmi bakteri jahat. Selain itu, kandungan resistance starch dalam pati kacang polong juga efektif mengurangi peradangan penyebab tumbuhnya kanker serta membunuh sel prakanker.

Selain kacang polong, tumbuhan lain yang mengandung pati resistance starch adalah buncis, pisang hijau, salad pasta, dan nasi sushi.

Janine Higgins, PhD., mengungkapkan bahwa konsumsi makanan yang mengandung resistance starch sebaiknya dilakukan pada suhu normal atau suhu di bawah normal, karena apabila dikonsumsi pada suhu tinggi akan menyebabkan berkurangnya kandungan pati resistance starch dalam makanan. Lebih lanjut Janine Higgins, PhD. Menjelaskan bahwa kandungan pati resistance starch juga mempunyai implikasi pada upaya pencegahan kanker payudara.