Kacang Ini Bisa Cegah Kanker Usus, Lho!

DokterSehat.Com– Kacang almond telah berkali-kali disebut oleh pakar kesehatan sebagai salah satu makanan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Almond bahkan selalu direkomendasikan sebagai camilan sehat atau bahan makanan bagi mereka yang ingin sukses dalam melakukan program diet. Belakangan, sebuah penelitian terbaru bahkan menyebutkan bahwa kacang almond ternyata bisa menurunkan resiko terkena penyakit kanker usus dengan signifikan.

doktersehat-kanker-usus-besar-stroke-Kolitis-Iskemik-nyeri-dada-Inkontinensia-Usus

Tak hanya kacang almond memang, kacang lain layaknya hazelnut, kacang mete, kacang kenari, hingga kemiri dianggap bisa mencegah penyakit kanker usus ini. Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian pada 826 penderita kanker usus stadium 3. Para pasien ini dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok mengkonsumsi kacang setidaknya dua ons setiap minggunya dan kelompok lainnya tidak. Hasilnya adalah, mereka yang mengkonsumsi kacang-kacangan ini meningkatkan persentase kesembuhan hingga 46 persen dan menurunkan resiko kematian hingga 53 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kacang-kacangan tersebut.

Pakar kesehatan Temidayo Fadelu yang merupakan penulis utama dari penelitian ini dari Dana Farber Cancer Institute yang ada di kota Boston, Amerika Serikat menyebutkan bahwa pola makan sehari-hari dan aktifitas olahraga bisa membantu para pasien kanker untuk mendapatkan peluang kesembuhan lebih besar sekaligus mencegah kambuhnya penyakit kanker ini. Fadelu bahkan menyebutkan bahwa konsumsi kacang-kacangan ini berkaitan dengan rendahnya resiko terkena obesitas, diabetes tipe 2, hingga penurunan resistensi insulin pada tubuh.

Fadelu menyebutkan bahwa Ia dan timnya akan melakukan penelitian lebih mendalam akan konsumsi kacang sehari-hari agar bisa memberikan rekomendasi diet yang lebih baik bagi mereka yang menderita masalah kanker usus. Diharapkan, ditemukan rekomendasi konsumsi kacang yang ideal bagi mereka agar bisa memberikan efek perlindungan bagi tubuh.