Jus Semangka, Minuman yang Sangat Direkomendasikan Untuk Diminum Setelah Berolahraga

DokterSehat.Com – Apa hal pertama yang akan kita bayangkan begitu mendengar kata buah semangka? Rasa yang manis dan segar tentu akan langsung terpikirkan, bukan? Dalam realitanya, buah semangka yang kaya akan kandungan air ini memang sangat menyegarkan. Namun, tahukah anda jika konsumsi buah semangka, khususnya yang sudah dijadikan jus ternyata sangat disarankan bagi kita yang barus aja melakukan olahraga. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-semangka-watermelon-sehat-buah-fruit-baik-untuk-pria

Pakar olahraga menyebutkan jika saat kita berolahraga, kita akan kehilangan banyak cairan dan ada banyak sekali kalori yang terbakar. Kita tentu perlu mengimbanginya dengan makanan atau minuman yang sehat agar kadar glukosa dan elektrolit dalam tubuh bisa kembali di dalam tubuh. Buah semangka dikenal luas memiliki kandungan gula alami yang sangat tinggi sehingga kita pun bisa segera mengembalikan glukogen yang terkuras selama berolahraga. Kita pun akan segera bugar dan energik kembali. Karena alasan inilah jus semangka dianggap sangat baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

Konsumsi jus semangka setelah berolahraga juga akan memberikan efek pemulihan bagi tubuh yang cukup cepat dan efektif. Buah semangka sendiri memiliki kadar asam amino yang cukup yang akan membantu proses pemulihan tubuh dengan cepat. Selain itu, buah yang kaya akan kandungan air ini juga akan membuat kita segera mengembalikan kadar cairan tubuh yang hilang selama berolahraga sehingga kita pun tidak akan mengalami masalah dehidrasi.

Pakar kesehatan menyebutkan jika jus semangka ternyata sangat baik bagi saluran pencernaan kita. Buah semangka ternyata sangat kaya akan kandungan serat sehingga membuat proses pencernaan menjadi lancar. Selain itu, buah semangka ternyata memiliki kemampuan untuk neningkatkan metabolisme sehingga pembakaran lemak pun bisa berlangsung dengan lebih cepat dan efektif.