Jus Labu, Minuman Sehat Penurun Kolesterol

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang ditakuti oleh banyak orang adalah jika kadar kolesterol jahat di dalam tubuh meningkat. Dengan adanya kadar kolesterol yang tinggi, maka kita pun akan meningkatkan resiko terkena berbagai penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung atau serangan stroke. Penyakit-penyakit tersebut sudah dikenal luas sebagai penyebab kematian sehingga tentu tidak bisa kita selepekan begitu saja, bukan?



Pakar kesehatan menyebutkan jika peningkatan kadar kolesterol jahat dalam darah kerap kali disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak sehat, malas untuk melakukan aktifitas fisik, dan juga kebiasaan kurang tidur. Karena alasan inilah, ada baiknya kita mulai memperbaiki pola makan, menjaga kualitas tidur, dan juga rutin berolahraga agar bisa terhindar dari masalah kolesterol tinggi.

Tak hanya dengan menerapkan gaya hidup lebih sehat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi jus labu secara rutin. Tak disangka, jus labu ternyata memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Labu sendiri termasuk dalam sayuran yang memiliki kandungan kalori yang rendah namun kaya akan kandungan serat, vitamin, mineral, dan juga antioksidan. Tak hanya itu, kita juga bisa menemukan kandungan protein, magnesium, dan juga lemak tak jenuh tunggal. Kombinasi dari nutrisi-nutrisi baik ini diyakini mampu membantu menurunkan kandungan kolesterol dalam darah.

Lantas, bagaimana cara membuat jus labu yang bisa menurunkan kolesterol ini? Kita hanya perlu menyiapkan labu yang sudah matang. Setelah dicuci bersih, kita hanya perlu memotongnya hingga kecil-kecil. Setelahnya, labu berukuran 100 gram ini tinggal kita tambahkan ke blender dan dicampur dengan 200 ml air. Setelah dicampur, kita bisa mengkonsumsi jus labu ini secara rutin sekitar 30 menit sebelum mengkonsumsi sarapan. Dengan rutin meminumnya selama 30 hari, maka kadar kolesterol jahat di dalam darah pun akan menurun dengan signifikan.