Jus Ini Bisa Menjaga Hati, Sudah Tahu?

kanker-hati-doktersehat

DokterSehat.Com– Bagaimana cara menjaga hati? Hati yang dimaksud disini bukan hati yang dapat merasakan perasaan atau emosi ya, tetapi organ hati atau sering disebut hepar. Hepar perlu dijaga untuk menghindari beberapa jenis penyakit seperti hepatitis. Menjaga organ hepar dari penyakit dapat dilakukan dengan banyak cara. Selain pola hidup bersih pemilihan makanan juga dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit.

Makanan dapat dipilih sebagai bentuk pencegahan atau pengobatan apabila hepar sudah terjangkit penyakit. Sebagai bentuk pencegahan asupan buah dan sayur dalam bentuk utuh ataupun olahan seperti jus atau salad dapat dipilih untuk meningkatkan fungsi hepar. Sedangkan apabila sudah mengalami penyakit hepar seperti hepatitis pengaturan pola makan utamanya asupan sayur dan buah bermanfaat untuk proses penyembuhan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga asupan sayur dan buah dengan pemilihan yang tepat dapat menjaga fungsi hepar atau hati.

Pemilihan buah dan sayur untuk menjaga fungsi hepar penting dilakukan. Karena pemilihan beberapa jenis buah yang tidak tepat dapat menyebabkan fungsi dan kinerja organ semakin berat. Buah-buahan yang tinggi lemak dapat memeperberat fungsi hepar dan sebaiknya dihindari utamanya dalam kondisi sedang dalam masa pengobatan.

doktersehat-pare-sayur

Beberapa jenis buah dan sayur yang tepat dipilih untuk menjaga dan mengobati hepar antara lain anggur, markisa, pare dan wortel. Buah dan sayur tersebut terbukti mampu mencegah penyakit dan menjaga organ hepar. Agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal kita dapat mengonsumsi lebih dari satu jenis dari buah dan sayur tersebut dengan cara mengkombinasikannya dalam bentuk jus. Berdasarkan Buku Jus Buah dan Sayuran, beberapa kombinasi jus yang baik untuk hepar adalah jus markisa dengan wortel serta jus anggur merah dan mangga.

Selain mendapatkan rasa dan kombinasi jus yang baru, dengan mencoba kombinasi jus diatas hati kita juga mendapatkan manfaat yaitu hati jadi terjaga.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik