Jus Buah Kemasan Ternyata Kurang Baik Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Salah satu jenis makanan yang dianggap sangat sehat bagi tubuh adalah yang terbuat dari bahan sayuran atau buah-buahan. Buah-buahan sendiri yang dikenal kaya akan berbagai vitamin, mineral, dan juga antioksidan diyakini mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat, daya tahan tubuh meningkat, dan bagi anak-anak, konsumsi harian buah-buahan akan membuat perkembangan tubuhnya menjadi positif. Selain dimakan langsung, buah-buahan juga bisa dikonsumsi dengan bentuk jus. Hanya saja, tak semua jus ternyata bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh, khususnya jus buah dalam bentuk kemasan.

doktersehat-minuman-kotak

Pakar kesehatan menyebutkan jika jus buah dalam bentuk kemasan cenderung berbeda dari jus yang kita buat langsung dari buah. Di dalam jus buah kemasan, kita akan menemukan kadar gula yang cukup tinggi. Selain itu, beberapa bahan kimia layaknya bahan pengawet yang kurang sehat bagi tubuh juga akan mudah ditemui. Yeng mengerikan adalah, gula yang ditemukan pada jus buah kemasan akan cenderung lebih halus dan sangat mudah untuk dipecah oleh tubuh.

Dengan adanya fakta ini, maka jika kita mengkonsumsi banyak jus dalam bentuk kemasan yang banyak tersedia di supermarket, maka kita pun akan beresiko mengkonsumsi kadar gula yang terlalu tinggi mengingat selain gula tambahan, buah-buahan juga sudah memiliki kadar gula alami. Dengan konsumsi gula yang berlebihan, kita bisa mengalami lonjakan energi yang tergolong cepat namun hanya berlangsung dengan sebentar. Jika kita tidak menggunakan energi ini, maka kita pun beresiko menambah baert badan kita.

Pakar kesehatan Simon Capewell menyebutkan jika jus buah dalam kemasan sendiri ternyata memang tidak cocok untuk dikonsumsi secara berlebihan, khususnya oleh anak-anak mengingat kadar gulanya yang sangat tinggi. Selain itu, kandungan serat yang ada pada jus buah dalam kemasan juga cenderung sangat minim yang tentu akan tidak membantu proses pencernaan, khususnya dalam hal membuat buang air besar menjadi lancar. Karena alasan-alasan inilah, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengurangi konsumsi jus buah kemasan dan kembali mengkonsumsi buah segar yang jauh lebih menyehatkan.