Jus Buah Cherry, Cara Segar Menurunkan Tekanan Darah

DokterSehat.Com – Kapankah kita bisa menemukan buah cherry? Buah Cherry kerap kali ditemukan sebagai pelengkap kue, khususnya kue ulang tahun. Padahal, buah yang cukup nikmat untuk disantap ini sebenarnya termasuk dalam buah yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain rasanya yang manis, para pakar kesehatan baru-baru ini mengadakan sebuah penelitian yang menunjukkan jika buah cherry ternyata cukup ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-cherry-juice-sehat-ceri-buah-fruits

Penelitian yang dilakukan oleh Northumbria University, Inggris, dan diberitakan oleh laman Daily Mail mengungkapkan fakta menarik bahwa buah cherry ternyata memiliki kandungan asam fenolik yang sangat banyak. Sebagai informasi, asam fenolik ternyata termasuk sebagai antioksidan alamiah yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Para peneliti kemudian menemukan bahwa dengan mengkonsumsi jus buah cherry, mereka yang memiliki masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi akan mendapatkan efek positif berupa turunnya tekanan darah tinggi dengan sangat signifikan dan bahkan efeknya dianggap relatif sama layaknya jika mereka mengkonsumsi obat.

Jus cherry dengan kadar 60 ml yang dicampur dengan air telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cukup cepat, yakni hanya dalam waktu tiga jam saja. Yang menarik adalah, dalam tiga jam ini tekanan darah bisa menurun hingga 7 persen. Penurunan tekanan darah ini bahkan berimbas pada menurunnya resiko terkena stroke hingga 38 persen atau terkena penyakit jantung hingga 23 persen.

Memang, penelitian yang mempelajari efek positif jus cherry bagi tekanan darah ini hanya dilakukan pada pria dengan gejala penyakit hipertensi awal. Namun, pakar kesehatan Glyn Howatson, salah seorang professor yang ikut dalam penelitian ini, menyebutkan jika fakta ini sepertinya akan menjadi kabar baik bagi masalah kardiovaskular. Jadi, demi kesehatan tekanan darah, rutin-rutinlah mengkonsumsi jus cherry.