Jus Belimbing Dapat Menurunkan Tekanan Darah yang Tinggi Lho

DokterSehat.Com – Belimbing atau bahasa latinnya adalah Averrhoa carambola adalah tanaman dengan buah berwarna kuning kehijauan. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Memiliki biji yang kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Belimbing terdiri dari beberapa jenis diantaranya belimbing demak, belimbing bangkok, belimbing sembiring, belimbing wulan, belimbing malaya, belimbing madu, dan belimbing dewi. Jenis lain dari belimbing, yang disebut belimbing wuluh, sering digunakan untuk bumbu masakan, terutama untuk memberi rasa asam pada masakan.

doktersehat-belimbing

Kandungan Gizi Buah Belimbing:

  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Protein dan Lemak . Kadar lemak belimbing terdiri dari lemak tak jenuh. Belimbing tidak memiliki lemak jenuh, lemak trans atau kolesterol.
  • Vitamin dan Mineral – Dalam satu belimbing mengandung vitamin C dan vitamin A. Kandungan zat besi dalam buah belimbing . Belimbing mengandung kalsium, kalium atau natrium.

Belimbing ini memeiliki banyak manfaat untuk tubuh diantaranya adalah:

  1. Dalam belimbing kaya akan vitamin C. Vitamin C itu sendiri memiliki fungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, mengatasi infeksi pada mulut maupun tenggorokan. Vitamin C juga baik bagi kecantikan, karena mampu menghambat kemampuan senyawa radikal bebas merusak DNA pada kulit.
  2. Mampu menurunkan kadar kolesterol
  3. Belimbing mengandung sejumlah mineral dan elektrolit seperti kalium, fosfor, seng, dan besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, akan menekan pengaruh buruk dari sodium. Penyembuhan hipertensi banyak dilakukan dengan terapi belimbing, dengan mengkonsumsinya secara rutin.
  4. Serat larut dalam belimbing juga berguna untuk mencegah penyakit stroke, obesitas, dan memelihara kesehatan pencernaan.
  5. Banyak mengandung mineral contohnya kalium yang bermanfaat ntuk kesehatan jantung, kekuatan tulang dan kontraksi otot.
  6. Bisa dimanfaatkan untuk keperluan terapi hipertensi dan terapi diabetes melitus atau menurunkan kadar gula darah.
Baca Juga:  Menguap, Cara Alami Untuk Mendinginkan Otak

Akan tetapi karena belimbing kaya akan vitamin C, belimbing tidak bisa banyak diberikan pada orang dengan penyakit gagal ginjal atau batu ginjal karena dapat memperberat penyakit tersebut. Selain itu karena kandungan gula yang tinggi, penderita kencing manis harus berhati hati dalam mengkonsumsi buah ini.