Juice Fasting

DokterSehat.com– Ada berbagai macam program diet yang banya dilakukan oleh wanita maupun pria. Salah satunya adalah juice fasting atau puasa jus. Juice fasting merupakan suatu program yang mewajibkan Anda mengkonsumsi jus dari buah-buahan dan sayuran segar. Jadi Anda akan berpuasa dari makanan sehari-hari yang biasa Anda konsumsi. Pada umumnya program ini dilaksanakan selama satu minggu penuh dengan mengkonsumsi 4-6 gelas jus per harinya.



Tujuan dari melakukan juice fasting adalah untuk membersihakn racun yang ada dalam tubuh, mengingat pola makan kita yang seringkali tidak seimbang dan tidak sehat. Selain itu puasa jus juga dapat menurunkan kadar kolesterol, mengobati alergi, jerawat, membersihkan kulit mati, hati, ginjal, dan organ dalam lainnya sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Meski hanya dengan mengkonsumsi jus buah dan sayur, Anda akan tetap memiliki energi untuk menjalankan aktivitas. Di dalam jus tersebut banyak terkandung vitamin dan mineral, serta kalori yang cukup. Kandungan vitamin A, C, dan E, karbohidrat, dan sumber senyawa fitokimianya dapat menurunkan resiko penyakit kanker. Selain itu buah dan sayur juga mengandung kalsium, magnesium, fosfor, besi, dan potasium yang sangat bagus untuk daya tahan tubuh.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalam buah juga sangat bermanfaat dalam menurunkan resiko berbagai penyakit, seperti jantung koroner, stroke, katarak, serta mencegah kerusakan sel pankreas, sehingga sangat baik bagi penderita diabetes melitus. Sedangkan kandungan asam folat di dalamnya sangat bermanfaat jika dikonsumsi ibu hamil karena dapat mengurangi resiko bayi lahir cacat.

Satu hal terpenting yang perlu diingat adalah untuk berkonsultasi pada dokter sebelum melakukan program diet ini.