Jomblo? Hati-Hati, Anda Rentan Terkena Sakit Maag

DokterSehat.Com – Meskipun kerap dianggap sebagai penyakit yang ringan, semua orang tentu tidak ingin terkena serangan maag. Bagaimana tidak, selain rasa tidak nyaman pada perut, serangan maag juga kerap kali disertai sensasi perih pada dada dan perut serta rasa mual-mual. Memang, maag kerap kali disebabkan oleh adanya gangguan pencernaan. Namun, pakar kesehatan menyebutkan jika maag juga bisa disebabkan oleh status hubungan seseorang. Kok bisa?

doktersehat-sakit-perut-mulas-Infeksi-Saluran-Kemih -isk

Pakar kesehatan Sri Juwita Kusuma Wardhani, M. Psi, yang berasal dari Klinik Psikologi Universitas Indonesia menyebutkan jika mereka yang jomblo atau tak kunjung menikah pada usia dewasa ternyata cenderung lebih rentan terkena sakit maag. Menurut beliau, memiliki pasangan hidup bisa menentukan kepuasan hidup seseorang dan menurunkan level stres pada tubuh. Padahal, stres yang tinggi ikut berandil pada munculnya sakit maag.

Menurut beliau, telah banyak penelitian yang menyebutkan jika mereka yang belum menikah cenderung memiliki tingkat kepuasan hidup yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang sudah menikah. Hal ini akan membuat mereka rentan terkena stres dan mengalami serangan maag. Dr. Juwita sendiri menyebutkan jika dalam pengalamannya menangani pasien, Ia kerap menemukan keluhan pasien berusia 20an yang mengalami sakit maag yang disebabkan oleh masalah jodoh, masalah pekerjaan, atau masalah akademis yang memang bisa memicu stres.

Pakar kesehatan lainnya, dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, yang juga berasal dari FK Universitas Indonesia, menyebutkan jika stress memang berperan besar pada munculnya penyakit maag. Menurut beliau, tak hanya bagi mereka yang jomblo atau belum menikah, orang tua dari anak yang tak kunjung juga menikah atau mendapatkan pasangan juga diketahui bisa mengalami serangan maag, meskipun memang kasusnya cukup jarang.

Baca Juga:  Mengusir Rasa Ngantuk Di Pagi Hari Tanpa Minum Kopi

Jadi, andai anda termasuk orang yang mudah terkena serangan maag dan belum memiliki pasangan hidup, mungkin mulai mempertimbangkan untuk mendapatkan pasangan segera agar tidak mudah terkena penyakit yang membuat perut tidak nyaman ini.