Jogging, Olahraga Menyenangkan Yang Baik Untuk Kesehatan

DokterSehat.Com – Salah satu jenis olahraga yang cukup populer di masyarakat adalah jogging. Bagaimana tidak, jogging atau berlari adalah olahraga yang murah, mudah dilakukan, dan tidak membutuhkan tempat khusus. Jogging sendiri ternyata bisa memberikan dampak kesehatan maksimal bagi tubuh, baik itu fisik maupun psikologis. Lantas, apa sajakah yang bisa kita dapatkan jika kita rutin melakukan jogging?

doktersehat-olahraga-exercise-sehat

Pakar kesehatan menyebutkan jika rutin melakukan jogging akan berimbas pada jantung yang semakin sehat dan kuat. Selain itu, jumlah kapiler dan sel-sel darah merah di dalam tubuh akan meningkat dengan signifikan. Jantung akan memompa darah dengan jumlah yang lebih banyak sehingga penyerapan oksigen juga akan cenderung meningkat. Hal ini akan berimbas pada organ-organ tubuh yang akan lebih banyak mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi.

Berlari sangatlah baik untuk psikologis kita. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika berlari akan membuat kita terbebas dari stress karena kita akan mengeluarkan banyak sekali keringat dan membuat saraf-saraf yang tegang dan lelah menjadi lebih rileks. Hal ini akan memberikan efek segar dan nyaman bagi tubuh. Jogging juga akan membuat tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin atau hormon bahagia sehingga kita pun akan menyingkirkan rasa depresi. Selain itu, aktivitas otak juga akan cenderung semakin meningkat jika kita rutin melakukan jogging sehingga kita pun akan lebih baik dalam mencari solusi untuk berbagai permasalahan. Hal ini dikarenakan berlari akan membuat kita mensuplai lebih banyak asupan oksigen ke sistem saraf pusat dan juga otak.

Jogging ternyata juga sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kita juga akan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, membuat sistem metabolisme tubuh semakin membaik, dan menurunkan keinginan lapar berlebihan. Banyak pecinta jogging yang pada akhirnya mendapatkan berat badan yang ideal. Selain itu, jogging ternyata juga dikenal sangat baik bagi kita yang ingin menjaga kesehatan organ hati, tulang, serta persendian.