Jinten Hitam, Obat tradisional yang Ampuh Mencegah dan Mengobati Diabetes

DokterSehat.Com – Penyakit kencing manis atau diabetes melitus (DM) tipe II merupakan penyakit metabolik-degeneratif yang masih menjadi masalah kesehatan dunia. Penyakit kencing manis pada dasarnya dibagi menjadi 2 tipe yaitu tipe I yang merupakan penyakit bawaan dari lahir akibat kerusakan pankreas dan tipe II yang terjadi pada usia lanjut. World Health Organization (WHO) memperkirakan bahwa pada tahun 2000 jumlah pengidap DM tipe 2 mencapai 150 juta orang dan pada tahun 2030 jumlah itu akan meningkat menjadi 300 juta orang, di mana peningkatan tertinggi terjadi di Asia Tenggara dan Indonesia menduduki peringkat keempat dunia . Penderita DM tipe 2 mempunyai risiko dua hingga lima kali lipat terkena penyakit jantung koroner dibandingkan penderita non-DM. Risiko ini meningkat menjadi dua kali lipat pada wanita dibandingkan pada pria. Peninggian prevalensi penyakit jantung koroner ini disebabkan karena pembuluh darah jantung yang menyempit hingga tersumbat yang permulaan terjadinya pada usia muda dan berjalan secara progresif hingga usia lanjut. Penyempitan pembuluh darah dan tersumbat (Aterosklerosis) merupakan penyebab kematian hingga 80%.

shutterstock_214939591 copy

National Public Health Institute (NPHI) telah merekomendasikan program pencegahan primer untuk mencegah penyakit jantung koroner pada penderita DM tipe 2 berupa pengaturan pola hidup, diet, dan kegiatan fisik, namun keberhasilan program tersebut sangat tergantung pada ketaatan penderita. Di samping itu, penggunaan obat-obatan jantung berupa antagonis kalsium (ISDN) untuk pengobatan jantung koroner dinilai menimbulkan banyak efek samping, karena dapat mengakibatkan penurunan fungsi jantung, darah rendah (hipotensi), bengka pada tubuh (edema), serta gagal jantung. Oleh karena itu, diperlukan suatu pencegahan dan pengobtan terbaru yang memiliki efektivitas tinggi dan efek samping yang rendah.

Nigella sativa (jinten hitam) merupakan tanaman obat tradisional dari daerah Mediterania yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena memiliki efek antidiabetik, antiinflamasi, antioksidan, bersifat pelindung hati dan ginjal serta mampu meningkatkan sistem imun. Jinten hitam mengandung senyawa thymoquinone, asam linoleat, asam oleat serta fitosterol yang bermanfaat untuk mengurangi penumpukan lemak pada pembuluh darah, dan menghambat produksi sel-sel lemak (adipokin). Di samping itu jinten hitam juga mengatur keseimbangan darah dan memiliki faktor-faktor yang menghambat pembekuan darah yang berpotensi sebagai sumbatan pembuluh darah pada penyakit jantung.

Baca Juga:  Informasi Leukimia Kanker Darah

Oleh karena itu, pada dasarnya jinten hitam memiliki manfaat ganda karena selain sebagai antidiabetes juga bisa sebagai anti penyumbuatan pembuluh darah penyebab gagal jantung yang juga merupakan salah satu efek dari diabetes. Saat ini jinten hitam sudah banyak dikemas dalam berbagai bentuk dan produk sehingga saat ini kita tidak terlalu kesulitan dalam mencarinya.