cara atasi gatal di vagina

Doktersehat.com – Organ intim wanita yang lembab membuat bakteri dan jamur senang tinggal di sana. Vagina yang kurang dijaga kebersihannya dapat menimbulkan rasa gatal. Timbulnya rasa gatal kadang menuntut Anda untuk menggaruknya.



Bila vagina terasa gatal sebaiknya jangan digaruk karena organ intim wanita ini sangat sensitif. Menggaruk malah akan menambah masalah seperti iritasi atau lecet di vagina. Hal ini dapat memicu masuknya bakteri atau kuman yang membuat infeksi.

Saat rasa gatal menyerang vagina lakukan cara aman yang dapat menghilangkan rasa gatal seperti berikut ini:

1. Hentikan penggunaan krim vagina dan jangan berendam dengan busa selama masih terasa gatal. Selain itu, hentikan penggunan semprotan kimia yang mungkin memiliki kontak dengan daerah yang gatal.

2. Hindari pemakaian celana yang ketat seperti jins ketat. Segera ganti pakaian basah setelah berenang. Dan, jaga daerah intim agar tetap kering dengan sirkulasi udara untuk mencegah tumbuhnya bakteri.

3. Jangan mencukur rambut kemaluan selama masih terasa gatal. Pastikan rasa gatal sudah sembuh jika Anda ingin mencukur rambut di sekitar daerah intim.

4. Jangan pernah menggaruk, menekan, atau menggosok daerah yang gatal karena bisa mengakibatkan iritasi dan vagina malah akan bertambah gatal atau seperti terbakar.

Jika gatal tak kunjung sembuh segera periksakan ke dokter. Sebaiknya jangan berhubungan seks untuk sementara karena dikhawatirkan gatal yang timbul merupakan gejala penyakit menular.

Sumber: okezone.com