Jika Tubuh Sedang Dalam Kondisi Seperti Ini, Jangan Berolahraga Terlebih Dahulu

DokterSehat.Com– Salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar adalah dengan rutin melakukan olahraga. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari demi menjaga kesehatan. Hanya saja, jika tubuh ternyata sedang dalam kondisi seperti ini, ada baiknya kita tidak memaksakan diri untuk berolahraga karena justru akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

doktersehat-cedera-olahraga-keseleo-kaki

Sedang mengalami demam
Jika kita merasakan badan sedang tidak fit atau bahkan mengalami demam, maka ini adalah tanda bahwa tubuh sedang membutuhkan istirahat, bukannya digunakan untuk melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga. Beristirahatlah hingga tubuh terasa pulih atau lebih bugar.

Kelelahan
Kadangkala, berbagai kesibukan di tempat kerja membuat fisik dan pikiran kita terkuras dan akhirnya membaut tubuh kelelahan. Ada baiknya kita tidak memaksakan diri untuk berolahraga dan beristirahat dengan baik agar tubuh menjadi lebih fit.

Cedera
Meskipun kita sedang berada dalam program diet atau memang sangat suka dengan olahraga tertentu, ada baiknya kita tidak melakukan olahraga saat tubuh sedang mengalami cedera. Jika kita memaksakan diri untuk berolahraga, bisa jadi cedera ini semakin parah dan tidak kunjung sembuh. Istirahatkan tubuh dan fokuslah untuk memulihkan cedera ini agar lebih cepat sembuh.

Tubuh terasa nyeri
Berbagai aktifitas, termasuk olahraga ternyata bisa memicu nyeri pada otot. Jika kita mulai merasakan sensasi ini setelah berolahraga, pastikan untuk memulihkan kondisi tubuh terlebih dahulu dan tidak memaksakan diri untuk berolahraga kembali. Jika kita tetap berolahraga, maka bisa jadi rasa nyeri ini semakin parah atau memicu datangnya cedera.

Pekalah dengan berbagai tanda yang muncul dari tubuh agar kita bisa mendapatkan manfaat olahraga dengan maksimal, bukannya membuat tubuh menjadi semakin terasa tidak karuan.