Jika Penglihatan Ibu Hamil Mengalami Gangguan

DokterSehat.Com – Ibu hamil bisa mengalami banyak sekali gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuhnya. Perubahan tubuh ibu hamil yang sangat signifikan dan ditambah dengan adanya perubahan hormon besar-besaran membuat banyak organ tubuh pada ibu hamil yang bekerja dengan ritme yang berbeda daripada saat ibu tidak dalam kondisi hamil. Sebagai contoh, banyak ibu hamil yang mengeluhkan berkurangnya nafsu makan secara drastis, mudahnya merasa lelah meskipun tidak banyak berkegiatan, atau bahkan nyeri punggung karena adanya beban tambahan pada rahim, khususnya saat kehamilan semakin membesar.

shutterstock_313263605 copy

Selain berbagai gangguan kesehatan di atas, ibu hamil juga bisa mendapatkan masalah pada penglihatannya. Beberapa ibu hamil melaporkan bahwa mereka mendapati penglihatannya semakin kabur sehingga tidak bisa membaca dengan normal. Kaburnya penglihatan ini juga disebabkan oleh adanya perubahan hormon yang membuat air mata tidak diproduksi sebanyak biasanya. Mata yang kekurangan air mata pun akan cenderung lebih kering dan mudah mengalami iritasi sehingga lensa dan kornea pun akan menjadi lebih tebal dan mempengaruhi penerimaan cahaya pada mata. Hal inilah yang membuat pandangan ibu hamil menjadi lebih kabur.

Selain pandangan yang semakin kabur, ibu hamil juga akan mengeluhkan rasa pusing selama kehamilan karena adanya perubahan hormon kehamilan. Tekanan darahpun mudah naik dan turun sehingga aliran darah menuju otak pun tidak merata dan menyebabkan rasa pusing ini. Selain itu, banyak ibu hamil yang juga mengalami tekanan darah dan kadar gula yang menurun drastis sehingga membuat masalah anemia dan kepala pusing.

Untuk mengatasi gangguan penglihatan pada ibu hamil, banyak pakar kesehatan yang memberikan rekomendasi untuk memakai obat tetes mata yang aman bagi mata. Dengan memakai obat tetes, mata pun tidak akan mudah terkena iritasi sehingga resiko mendapatkan pandangan yang kabur akan menjadi lebih rendah. Hanya saja, jika pandangan yang kabur ini disertai dengan rasa sakit pada kepala dan meningkatnya detak jantung, maka anda harus memeriksakan kondisi ini ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.