Jika Muncul Darah Saat Buang Air Kecil, Apakah Berarti Kita Terkena Kanker Kandung Kemih dan Ginjal?

DokterSehat.Com – Dr. Dawn Harper, salah seorang pakar kesehatan yang berasal dari Public Health England baru-baru ini melakukan kampanye kesehatan bertema “Be Clear on Cancer”. Tujuan dari adanya kampanye ini adalah agar masyarakat lebih waspada akan adanya kemungkinan kanker pada kandung kemih atau ginjal. Salah satu gejala yang paling umum dari munculnya kanker pada kedua organ tersebut ternyata sangat mudah untuk diamati; yakni munculnya darah jika kita buang air kecil.

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

Alih-alih segera menyiram air di toilet begitu buang air kecil, ada baiknya kita mengecek terlebih dahulu apakah ada darah yang ikut keluar atau tidak. Jika iya, meskipun jumlah darah yang keluar sangatlah sedikit, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang tepat.

Apakah munculnya darah pada saat buang air kecil berarti kita mengalami kanker pada ginjal atau kandung kemih? Dr. Harper menyebutkan jika hal ini belum tentu benar mengingat ada berbagai kemungkinan munculnya darah pada urin kita. Sebagai contoh, ada masalah kesehatan lain yang membuat urin memiliki warna pink terang atau bahkan merah tua layaknya ada darah yang tercampur di dalamnya. Selain itu, munculnya darah saat buang air kecil juga seringkali hanya akan muncul sesekali sehingga kita pun harus benar-benar lebih baik dalam mengeceknya. Hanya saja, 50 persen dari kasus darah yang muncul dari urin ini adalah tanda dari adanya kanker kandung kemih dan 20 persen dari adanya kanker ginjal.

Selain munculnya darah pada urin, gejala dari kanker kandung kemih lainnya adalah rasa nyeri pada panggul, kaki membengkak, hingga nyeri pada tulang dan penurunan berat badan secara drastis. Sementara itu, kanker ginjal akan membuat penderitanya merasakan sakit pada ulu hati dan pembengkakan pada area ginjal.

Baca Juga:  Penyakit Pada Ginjal

Dengan adanya pengecekan rutin pada air seni kita, maka banyak orang yang tidak akan terlambat untuk mendapatkan perawatan medis yang memadai yang bisa saja menyelamatkan nyawanya.