Jika Leher Mengalami Benjolan

DokterSehat.Com – Pernahkah anda mengalami benjolan pada leher? Kita tidak sedang membicarakan penyakit gondok yang memang memberikan benjolan pada leher yang cukup besar. Benjolan ini adalah benjolan biasa pada leher yang bisa jadi terasa keras ataupun lembek. Dalam beberapa kasus, benjolan juga bisa terasa tidak sakit sama sekali. Banyak orang yang berkata bahwa benjolan pada leher asalkan tidak terasa sakit dan terlalu keras biasanya dianggap sebagai hal yang tidak berbahaya dan akan menghilang dengan sendirinya. Namun, jika kita jeli, benjolan pada leher ternyata bisa menjadi pertanda adanya penyakit pada tubuh. Berikut adalah beberapa penyakit yang diawali dari adanya benjolan pada leher.

doktersehat-faringitis

Benjolan pada leher bisa disebabkan karena adanya batu pada bagian kelenjar ludah yang berada di area rahang atau ujung dari leher. Batu ini bisa berasal dari bahan kimia yang ada pada air liur. Bahan kimia tersebut akan mengendap dan lambat laun membentuk batu kecil. Batu ini bisa menyebabkan masalah penyumbatan dan menghalangi produksi air liur ke dalam mulut saat memakan makanan sehingga makan pun menjadi kurang enak dan proses pencernaan terganggu.

Kelenjar tiroid yang mengalami pembengkakan bisa memicu benjolan pada leher. Posisi kelenjar tiroid di leher membuatnya mudah terlihat jika mengalami pembengkakan. Beberapa penyebab dari masalah ini adalah adanya masalah kanker tiroid atau kekurangan yodium. Disamping kelenjar tiroid, kelenjar getah bening juga bisa mengalami pembengkakan, khususnya jika kita mengalami infeksi pada tenggorokan dan gigi, atau bahkan saat kita mengalami pilek, campak, atau TBC. Biasanya, benjolan yang disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening akan menyusut seiring dengan membaiknya kondisi tubuh.

Baca Juga:  Kasus Hipertensi Yang Berlanjut Menjadi Gagal Ginjal Masih Tinggi di Indonesia

Salah satu benjolan yang pada leher yang cukup ditakuti adalah benjolan yang disebabkan oleh kista. Benjolan kecil ini bisa bergeser-geser di bawah kulit leher, apalagi jika kita tekan-tekan. Memang, banyak yang menyebutkan benjolan ini sebagai kista jinak yang tidak membahayakan. Namun, benjolan yang mudah bergeser tentu akan membuat panik penderitanya. Satu hal yang pasti, anda harus segera memeriksakan benjolan ini jika tetap bertahan lebih dari satu bulan lamanya dan terus menerus membesar. Jika benjolan juga memicu masalah lain saat demam, sesak nafas, atau rasa nyeri, maka anda harus benar-benar memerkisakan ke dokter untuk penanganan yang tepat.