Jika Kulit Kita Terbakar Sinar Matahari

DokterSehat.Com – Kita hidup di area yang sangat kaya dengan sinar matahari. Sepanjang tahun, kita menikmati suhu yang terik di siang hari dan membuat kulit kita cenderung lebih coklat daripada kulit-kulit orang Asia pada umumnya. Banyak orang asing yang iri dengan kulit kita dan mencoba untuk berjemur di bawah terik matahari agar kulitnya menjadi lebih gelap. Sayangnya, berjemur di bawah sengatan matahari bisa membuat masalah kulit terbakar. Kulit yang terbakar bisa terasa sangat perih, merah dan teriritasi dan ternyata bisa membawa banyak hal negatif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

doktersehat-dehidrasi-keringat

Kita yang sering berenang di kolam renang terbuka atau berkunjung di sebuah tempat yang mana membuat kita terpapar sinar matahari langsung akan beresiko mendapatkan masalah kulit terbakar, apalagi jika kita terpapar sinar matahari terlalu lama. Selain merah-merah dan terasa perih, banyak orang yang mengaku kulitnya bisa langsung terkelupas karena terbakar sinar matahari. Beberapa orang bahkan melaporkan adanya kasus mual-mual, sakit kepala, badan lemas, dan demam serta menggigil karena terlalu lama terkena sinar matahari. Saat kulit terkelupas, kulit pun akan terasa gatal-gatal namun perih. Memang, kulit akan melakukan regenerasi secara langsung dan membuat kulit yang baru, namun, rasa sakit karena terbakar matahari bisa sangat menyiksa tubuh kita.

Jika kulit kita terbakar sinar matahari, segera kompres kulit yang terbakar dengan air dingin atau setidaknya mandilah dengan air dingin sehingga luka bakar pun akan sedikit mereda. Jika ada krim atau gel yang bisa mengurangi efek terbakar sinar matahari, maka segera oleskan ke bagian kulit yang terbakar. Kita juga harus tetap meminum banyak air putih agar tubuh tidak terkena matahari. Biasanya gejala kulit terbakar akan segera hilang, kecuali jika kita merasakan demam yang tinggi dan disertai dengan rasa panas dan dingin yang mengikuti rasa sakit dari kulit yang terbakar, maka kita harus segera memeriksakan kondisi ini ke dokter.

Baca Juga:  Benarkah Obesitas Disebabkan Oleh Tepung dan Gula?

Jika anda berada di luar rumah dan akan terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, jangan ragu untuk memakai pakaian yang bisa melindungi kulit dari sinar matahari. Kita juga bisa memakai topi lebar sebagai pelindung muka, dan jika diperlukan, gunakanlah tabir surya dan juga kacamata hitam untuk menjaga kesehatan mata.