Jika Jari Tangan Terasa Sangat Dingin

DokterSehat.Com – Pernahkah anda merasakan jari-jari tangan anda terasa sangat dingin, khususnya jika anda sedang berkendara sepeda motor di area pegunungan atau saat menerjang hujan deras yang dingin? Kondisi jari yang dingin ini terjadi karena aliran darah yang hangat cenderung diarahkan ke organ-organ penting layaknya otak, jantung, dan juga paru-paru sehingga tubuh bisa bertahan dalam kondisi yang dingin sehingga bisa dianggap sebagai hal yang normal. Sayangnya, beberapa orang juga melaporkan jika jari tangan bisa tetap terasa dingin meskipun dalam kondisi yang normal dan berada dalam area dengan suhu hangat. Apa yang terjadi?

doktersehat-pilek-flu-dingin

Jari-jari yang terasa dingin saat kondisi normal kerap dikaitkan dengan gejala penyakit berbahaya. Namun, sering kali masalah buruknya sirkulasi darah pada tubuh sering menjadi penyebab utama mengapa jari bisa terasa dingin. Buruknya sirkulasi darah bisa disebabkan karena jantung mengalami penurunan kemampuan memompa darah sehingga darah yang kaya oksigen dan suhu hangat tidak bisa mencapai banyak area tubuh yang jauh dari jantung layaknya jari tangan. Penyumbatan yang disebabkan karena kolesterol atau penyempitan arteri dan kapiler bisa menjadi penyebabnya. Selain rasa dingin, tubuh juga bisa mati rasa dan juga mengalami kesemutan.

Penyebab lain jari-jari terasa dingin adalah anemia. Anemia bukanlah penyakit kekurangan darah sebagaimana yang sering kita pikirkan. Anemia sendiri adalah kondisi tubuh yang kekurangan jumlah hemoglobin atau sel darah merah sehingga jumlah oksigen yang dibutuhkan tubuh pun cenderung menurun. Tubuh yang kekurangan zat besi karena masalah pencernaan atau bahkan wanita yang terkena periode menstruasi yang sangat hebat dan kehilangan banyak darah bisa memicu masalah ini.

Beberapa masalah kesehatan layaknya tekanan darah rendah bisa menyebabkan jari-jari terasa dingin, pandangan yang cenderung kabur, dan bahkan masalah pusing. Selain itu, tubuh yang terkena masalah hipotiroid dimana kelenjar tiroid kurang aktif maka jari pun cenderung mudah untuk terasa dingin. Selain itu, pembuluh darah yang semakin mengecil bisa membuat darah tidak bisa mengarah ke jari-jari tangan sehingga jari pun menjadi sangat dingin.

Baca Juga:  Di Indonesia, Setiap Jamnya Ada 1 Orang yang Bunuh Diri