Jika Ingin Langsing, Jangan Lupakan Nutrisi-Nutrisi Ini

DokterSehat.Com – Membicarakan tubuh yang langsing tentu tidak akan lepas dari kegiatan diet yang kerap kali dilakukan mereka yang memiliki berat badan berlebihan atau postur tubuh yang kurang ideal. Masyarakat modern memang cenderung akan memilih diet atau pengaturan pola makan untuk membuat berat badannya menurun. Sayangnya, sebagian masyarakat yang melakukan diet tidak benar-benar mengerti diet yang sehat dan efektif dan cenderung berpikir bahwa asalkan mereka mengurangi porsi makanan, maka dengan sendirinya berat badan akan turun. Tahukah anda, terdapat beberapa nutrisi yang justru harus dipenuhi agar proses diet bisa berjalan dengan jauh lebih baik. Berikut adalah nutrisi-nutrisi yang penting bagi proses diet.



Nutrisi pertama yang harus diperhatikan jika ingin berhasil menjalankan program diet adalah vitamin C. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika vitamin C akan cukup ampuh menurunkan berat badan dan bahkan telah teruji oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Arizona, Amerika Serikat. Vitamin C ternyata berhubungan langsung dengan kemampuan tubuh dalam mengubah lemak menjadi energi dengan efektif dan juga aliran darah. Dengan mengkonsumsi vitamin C yang cukup dalam sehari, maka pembakaran lemak pun akan berlangsung dengan lebih efektif dan bahkan jika dipadukan dengan latihan sedang yang rutin, pembakaran lemak pun bisa meningkat hingga 30 persen.

Asam lemak omega tiga juga sangatlah penting jika kita ingin menurunkan berat badan. Lemak seringkali dikaitkan dengan berat badan yang berlebihan. Namun, asam lemak omega tiga yang sangat mudah ditemui di minyak ikan ini ternyata akan sangat baik jika dikonsumsi bersama dengan diet rendah kalori dan rutinitas olahraga dalam program diet. Penelitian di University of South Australia bahkan menunjukkan jika asam lemak omega 3 akan berperan penting menurunkan berat badan mengingat kemampuannya membuat aliran darah menuju sel-sel otot meningkat selama proses olahraga berlangsung sehingga pembakaran kalori pun akan menjadi lebih efektif.

Baca Juga:  Benarkah Kurang Air Minum Bisa Sebabkan Sakit Pinggang?

Diet juga tidak bisa lepas dari kandungan vitamin D dan kalsium yang cukup setiap hari. Dengan mendapatkan kalsium dan vitamin D yang cukup, maka proses pemecahan lemak pun akan menjadi lebih baik sehingga program penurunan berat badan pun akan berlangsung dengan lancar. Selain baik untuk program diet, vitamin D dan kalsium juga bisa mencegah kita terkena berbagai penyakit berbahaya layaknya diabetes, hipertensi,a tau bahkan kanker.