Jika Dilakukan Seperti Ini, Olahraga Justru Bisa Memicu Penyakit Jantung

DokterSehat.Com– Olahraga sangatlah penting untuk dilakukan secara rutin karena bisa membuat tubuh tetap bugar dan menjaga berat badan tetap ideal. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak melakukannya dengan sembarangan karena bisa memicu datangnya masalah kesehatan.

doktersehat-serangan-jantung-nyeri-dada

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa mereka yang berolahraga dengan berlebihan cenderung meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dengan signifikan. Fakta ini didapatkan setelah para peneliti menganalisa data dari sekitar 3.200 peserta. Para peserta ini terbagi menjadi tiga kelompok dimana kelompok pertama berolahraga kurang dari 150 menit dalam sepekan, kelompok kedua berolahraga 150 menit dalam sepekan, dan kelompok terakhir berolahraga 450 menit dalam sepekan atau 3 kali lipat dari anjuran pakar kesehatan.

Jika kebanyakan orang berpikir jika semakin banyak olahraga mampu membuat tubuh menjadi semakin sehat, dalam realitanya ternyata sebaliknya. Mereka yang berolahraga dengan berlebihan justru akan meningkatkan resiko klasifikasi arteri koroner (CAC) hingga 86 persen. Sebagai informasi, CAC adalah salah satu prediktor dari penyakit jantung. Semakin tinggi angka CAC pada tubuh seseorang, maka semakin besar kemungkinan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah jantung.

Penelitian yang kemudian hasilnya dipublikasikan dalam Mayo Clinic Proceedings ini menyebutkan bahwa olahraga dengan berlebihan mampu memicu tekanan berlebihan pada pembuluh darah arteri sehingga meningkatkan angka CAC.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita berolahraga dengan durasi yang wajar saja dan tidak berlebihan demi memastikan jantung dan pembuluh darah tetap sehat.