Jika Darah Menstruasi Sangat Banyak dan Tidak Normal

DokterSehat.Com – Setiap bulannya, wanita pasti akan mengalami fase menstruasi yang bisa menjadi fase yang sangat menyakitkan. Beberapa wanita melaporkan adanya rasa nyeri atau kram yang sangat hebat pada perutnya tatkala banyak darah kotor dikeluarkan dari tubuh. Dalam beberapa kasus, wanita bahkan melaporkan jika darah yang dikeluarkannya terkadang sangat fase menstruasinya menjadi tidak nyaman. Apa yang sebenarnya terjadi?



Wajarnya, fase menstruasi akan berlangsung sekali dalam satu bulan dan bisa berlangsung diantara dua hingga delapan hari, bergantung dari kebiasaan setiap wanita yang berbeda-beda. Satu hal yang pasti, fase menstruasi biasanya tidak akan melebihi waktu dua minggu. Rasa sakit yang dirasakan wanita sendiri biasanya berasal dari adanya peningkatan drastis dari hormon estrogen dan progesteron selama fase menstruasi. Selain rasa sakit yang bahkan bisa terjadi sebelum fase menstruasi dimulai, beberapa wanita juga bisa mengalami munculnya jerawat atau berkurangnya nafsu makan secara signifikan.

Saat fase menstruasi, wanita akan mengeluarkan cukup banyak darah kotor sehingga bisa membuat mereka mengganti pembalut setidaknya sekali dalam tiga atau empat jam. Hanya saja, kadang kala darah yang dikeluarkan lebih banyak dari volume normal, yakni 20 – 60 ml dan fase menstruasi bisa berlangsung lebih dari 15 hari. Hal ini tentu bukan kondisi yang normal dan bisa menjadi tanda adanya kondisi mennoragia. Mennoragia sendiri adalah kondisi dimana saluran reproduksi mengalami infeksi yang membuat pendarahan menstruasi menjadi tidak wajar dimana darah bisa berlendir, menggumpal, dan membuat fase menstruasi menjadi sangat lama.

Untuk menghindari kasus mennoragia ini, wanita haruslah menjaga organ wanitanya sebaik mungkin dengan membersihkannya saat mandi dengan sabun khusus. Selain itu, di masa menstruasi, celana dalam dan pembalut harus sering diganti agar organ vital menjadi lebih steril. Selain itu, cobalah untuk tidak memakai celana ketat hingga fase menstruasi selesai. Andai anda mengalami fase menstruasi yang sangat lama dan darah yang dikeluarkan sangatlah banyak, segera periksakan kondisi ini ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.