Jika Buang Air Besar Disertai Darah

DokterSehat.Com – Pernahkah anda mengalami buang air besar yang menyebabkan rasa sakit dan ternyata disertai dengan darah yang mengucur dari dubur? Reaksi pertama anda tentu langsung panik dan ketakutan tentang apa yang terjadi dengan saluran pencernaan anda mengingat darah bisa saja terus mengucur dan membuat badan kita menjadi lemas. Apakah hal ini berbahaya bagi tubuh?

doktersehat-sakit-perut-kandung-kemih

Banyak pakar kesehatan berkata bahwa kondisi ini masih belum dikategorikan sebagai sesuatu yang sangat berbahaya. Hanya saja, buang air besar yang disertai darah mengucur biasanya disebabkan oleh penyakit ambeien atau wasir yang tentu saja bisa membuat rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Ambeien atau wasir sendiri adalah kondisi dimana pembuluh darah vena yang terdapat di bagian sisi dalam dubur mengalami kerapuhan dan luka. Disinilah asal dari darah yang menetes saat buang air besar. Selain masalah ambeien, maalah lain yang disebut dengan fissura ani atau robeknya bagian dalam dubur juga bisa menyebabkan pendarahan saat buang air besar.

Disamping kedua masalah tersebut, beberapa penyebab pendarahan saat buang air besar bisa jadi karena makanan yang terlalu pedas yang disertai dengan minuman beralkohol dan makanan olahan cepat saji. Jika buang air besar berdarah dan termasuk parah, ada baiknya anda menghindari masakan tersebut. Selain soal konsumsi makanan, kita juga harus memperbanyak minum air putih dan juga memakan makanan berserat untuk membuat saluran pencernaan dan dubur bisa pulih kembali.

Jika tips sederhana di atas tidak bekerja dengan baik dan pendarahan masih berlangsung hingga tiga hari. Maka ada baiknya kita langsung memeriksakan kondisi ini ke dokter mengingat pendarahan saat buang air besar juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit berbahaya di saluran pencernaan layaknya kanker usus atau anemia dimana sel darah merah dalam darah jumlahnya kurang ideal. Dengan mengetahui masalah yang pasti mengapa buang air besar bisa berdarah, anda bisa kembali buang air besar tanpa adanya rasa was-was.

Baca Juga:  Jangan Takut Direkam Jantung Ketika Nyeri Dada