Jika Berada Dalam Lift yang Terjatuh, Lakukan Hal Ini Untuk Menyelamatkan Diri

DokterSehat.Com – Kejadian lift yang terjatuh di Blok M Square pada tanggal 17 Maret 2017 lalu ternyata masih menjadi perbincangan hangat banyak orang. Mengingat lift kini telah menjadi peralatan yang digunakan banyak orang saat menggunakan gedung-gedung bertingkat, banyak orang yang tentu bertanya-tanya apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan diri jika lift yang sedang ditumpangi ini terjatuh. Beberapa pakar ternyata menyebutkan bahwa kita bisa melakukan hal ini agar saat kejadian yang tidak diinginkan tersebut menimpa kita.

doktersehat-rumah-sakit-emergensi-darurat

Jangan panik
Meskipun terlihat sepele, pakar kesehatan menyebutkan bahwa tidak panik dan berusaha untuk berpikir jernih adalah cara yang tepat untuk menyelamatkan diri saat lift yang ditumpangi sedang terjatuh. Dengan berpikir jernih, kita bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan seperti sebagai berikut.

Melompat sebelum lift menghantam tanah ternyata tidak ada gunanya
Beberapa orang berpikir bahwa andai kita melompat persis beberapa saat sebelum lift terjatuh, maka kita akan menghindari dampak buruk dari tumbukan tersebut. Sayangnya, akan sangat sulit untuk menentukan kapan lift menghantam tanah sehingga hal ini cenderung mustahil untuk dilakukan. Selain itu, andai kita salah perhitungan saat melompat, bisa jadi kita justru menumbuk langit-langit lift dan akan terjatuh ke lift dengan jauh lebih keras.

Berdiri di atas koper atau tas
Jika ada koper atau tas di lift, cobalah untuk menempatkan semuanya di bagian lantai lift dan berdiri di atasnya. Dengan memberian jarak antara tubuh dan lantai, setidaknya kita menurunkan dampak tumbukan lift dengan tanah.

Rapatkan badan ke dinding dan meraih pegangan lift
Dengan melakukan hal ini, kita bisa menurunkan tumpuan beban pada kaki sehingga kaki tidak akan hancur karena tumbukan lift dengan tanah. Hanya saja, hal ini bisa membuat tubuh atau lengan terkena dampak tumbukan yang lebih besar. Namun, setidaknya kita bisa melindungi organ tubuh dengan lebih baik.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Krim Pemutih yang Berbahaya

Jika sendirian, rebahkanlah badan di lantai lift
Merebahkan badan di lantai lift dengan memegang bagian kepala diyakini akan lebih baik dalam menyelamatkan nyawa sekaligus menurunkan dampak buruk dari tumbukan antara lift dan tanah.

Kematian karena lift jatuh ternyata jarang terjadi
Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kematian atau bahkan cedera berat yang disebabkan oleh lift yang jatuh ternyata cukup jarang terjadi. Selain itu, kebanyakan lift kini sudah menggunakan rem pengaman atau peredam tubrukan sehingga resiko kematian atau terkena cedera saat lift terjatuh pun bisa ditekan.