Jika Bayi Terkena Biang Keringat

DokterSehat.Com – Kadangkala suhu udara bisa meningkat dengan signifikan sehingga membuat badan kita menjadi lebih gerah dan berkeringat. Selain dirasakan oleh orang dewasa, peningkatan suhu udara juga bisa dirasakan oleh bayi sehingga bayi pun beresiko mengalami biang keringat. Bayi sendiri cenderung rentan terkena masalah biang keringat mengingat pori-pori kulitnya masih cenderung kecil jika dibandingkan dengan pori-pori kulit orang dewasa sehingga bisa membuat keringat tidak keluar karena ada sedikit penyumbatan. Sebelum bayi menjadi semakin rewel karena masalah biang keringat ini. Ada baiknya kita melakukan beberapa trik mengatasi masalah biang keringat pada bayi seperti sebagai berikut.

doktersehat-sifilis-kongenital-bayi-Harlequin-Ichthyosis-mikrosefali

Hal pertama yang harus kita lakukan tentu adalah dengan menyesuaikan suhu udara agar nyaman bagi kulit sang bayi. Jika kita cukup beruntung memiliki AC di rumah, cobalah untuk membawa bayi pada ruangan berAC agar mendapatkan suhu yang jauh lebih sejuk dan nyaman. Andai anda hanya memiliki kipas angin, anda juga masih bisa menggunakannya untuk menurunkan suhu ruangan asalkan arah kipas tidak diarahkan langsung pada sang buah hati. Pastikan pula sang buah hati meminum cukup banyak air agar terhindar dari masalah dehidrasi. Jika diperlukan, kita juga bisa mengajak bayi mandi atau ditempeli kain dingin yang basah agar bisa membuat masalah biang keringat ini segera menghilang.

Hal berikut yang harus diperhatikan oleh orang tua saat bayinya terkea biang keringat adalah pakaian yang dikenakan sang buah hati. Ada baiknya bayi memakai pakaian dari serat alami dan menghindari bahan sintetes layaknya nilon maupun poliester yang cenderung terasa lebih panas. Jangan memberikan pakaian yang cenderung ketat karena dengan pakaian yang longgar, maka bayi akan mendapatkan resiko lebih sedikit mendapatkan biang keringat.

Baca Juga:  Gigi Sehat Bisa Membuat Anak Lebih Percaya Diri

Saat biang keringat melanda, bayi juga sebaiknya tidak sering-sering digendong karena gendongan akan membuat suhu yang dirasakan bayi menjadi lebih panas. Lebih baik biarkan si kecil berbaring dan cobalah untuk membuat suhu udara menurun dengan AC atau bahkan kipas yang bisa segera membuat bayi tidak rewel kembali.