Jika Anak Mulai Mengenal Masturbasi

DokterSehat.Com – Anak-anak pada usia remaja akan cenderung memiliki rasa penasaran yang besar pada hal-hal yang berhubungan seksualitas. Maka dari itu, sebagai orang tua juga sebaiknya jangan terlalu terkejut jika kita mendapati anak memainkan alat kelamin atau bahkan melakukan masturbasi. Pakar kesehatan menyebutkan jika kegiatan akan dalam menyentuh alat kelamin ini termasuk dalam kegiatan eksplorasi dan mengenali diri sendiri dengan lebih baik. Hanya saja, apakah hal ini normal jika anak-anak yang masih sangat muda ini mulai melakukan masturbasi?

doktersehat-keluarga-nonton-tv

Sebuah fakta mengejutkan diungkapkan oleh pakar kesehatan jika banyak anak-anak, khususnya yang berada dalam usia remaja yang memang mulai melakukan masturbasi. Bahkan, ada anak yang dalam usia di bawah 10 tahun yang sudah memainkan alat kelaminnya sendiri. Memang, hal ini bisa membuat rasa khawatir bagi orang tua karena takut anaknya mengalami kelainan seksual yang biasanya memang akan dilakukan oleh orang dewasa saja. Namun, pakar kesehatan Dr Jimmy Passat, Sp. A (K) dari FK UI/RSCM menyebutkan jika dalam pikiran anak-anak ternyata masih belum terkonsep pikiran yang berhubungan dengan seksualitas kaerna dalam otaknya hanya mengerti rasa enak dan nyaman saat bermasturbasi. Konsep seksual ini sendiri baru akan terbentuk saat anak mulai dikenalkan masalah seksualitas.

Hanya saja, orang tua juga sebaiknya tidak membiarkan anak untuk tetap melakukan masturbasi begitu saja setiap hari karena akan berimbas kurang baik bagi kesehatannya. Orang tua harus pandai-pandai mengalihkan anak dari perhatian ke masturbasi dengan berbicara baik-baik. Sebagai contoh, orang tua bisa menjelaskan jika kegiatan ini bisa membuat infeksi dan menyakitkan sehingga anak pun akan berhenti melakukannya. Ada baiknya untuk tidak memarahi anak jika melakukan hal ini karena bisa berakibat adanya trauma seksual yang bisa berpengaruh hingga usia dewasa atau bahkan pada akhirnya menjadi masalah seksualitas.

Baca Juga:  Mencegah Diabetes Harus Dilakukan Sejak Dini

Orang tua tidak perlu khawatir berlebihan jika anak melakukan masturbasi, asalkan anak tidak melakukannya secara berlebihan atau bahkan di depan umum yang bisa jadi memang menandakan adanya kelainan yang harus diperiksakan ke dokter terdekat.