Jika Anak Demam, Bolehkah Tidur Dengan AC Atau Kipas Angin?

DokterSehat.Com– Setiap orang tua tentu khawatir saat melihat anaknya demam. Tak hanya membuat anak rewel, orang tua juga khawatir untuk memandikannya atau menyalakan kipas angin dan AC. Padahal, anak juga ingin tidur di ruangan yang sejuk agar tubuhnya terasa lebih nyaman. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika anak yang sedang demam tidur dengan AC atau kipas angin?

doktersehat-anak-kecil-sakit-flu-panas-demam

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa anak yang sedang demam akan merasakan tubuh yang terasa sangat panas. Mereka pun akan cenderung mencari ruangan yang dingin dan minum dengan lebih banyak. Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan bahwa tidak masalah jika anak tidur di ruangan ber-AC atau kipas angin. Hanya saja, ada baiknya kita tidak menyetel suhu AC atau kecepatan kipas angin terlalu dingin, memastikan hembusan AC dan kipas tidak terlalu besar, tidak mengarahkan hembusan AC dan kipas langsung pada tubuh anak, dan memastikan AC atau kipas angin terbebas dari debu.

Meskipun anak terkadang menginginkan suhu yang dingin, kadangkala anak menggigil sebagai efek dari demam yang sedang mereka rasakan. Karena alasan inilah ada baiknya kita menyediakan selimut yang bisa segera dipakai oleh anak begitu mereka merasa menggigil. Selain itu, jangan memaksakan anak untuk memakai pakaian tebal pada anak saat demam karena bisa jadi akan membuat mereka kepanasan, berkeringat, dan tidak nyaman.

Pakar kesehatan anak bernama dr. Meta Hanindita, SpA yang berasal dari Rumah Sakit Dr. Soetomo, Surabaya, menyebutkan bahwa tidak masalah anak tidur dengan memakai AC atau kipas angin. Satu hal yang harus dipastikan adalah, ada baiknya kipas dan AC selalu dijaga kebersihannya dan arah hembusan angin tidak langsung diarahkan pada tubuh anak.

Baca Juga:  Demam - Penegakan Diagnosis Untuk Penyebab Demam

Dr Saroja Balan yang berasal dari Baby Center menyarankan kita untuk menyetel suhu AC pada 23-26 derajat Celcius yang dianggap masih cukup aman bagi kesehatan.