Jeruk, Si Penurun Kolesterol dan Tekanan Darah

DokterSehat.Com – Jeruk merupakan salah satu buah yang sangat mudah didapatkan bagi warga Indonesia, jeruk sendiri memiliki berbagai manfaat kesehatan, antara lain:

doktersehat-bau-badan-ketiak-lemon

  1. Sistem Imun

Jeruk mengandung begitu banyak vitamin C, vitamin ini melindungi sel-sel tubuh dengan menetralkan berbagai macam radikal bebas di tubuh. Radikal radikal bebas tersebut bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kronis jika dibiarkan dan tidak dinetralkan di dalam tubuh. Vitamin C sendiri juga membantu meningkatkan tingkat imunitas seseorang untuk menghadapi berbagai macam kuman yang bisa menyebabkan infeksi.

  1. Kulit

Vitamin C juga membantu kulit terlihat lebih sehat dengan membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari dan polusi. Vitamin C membantu produksi kolagen dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan.

  1. Kolesterol

Serat yang terkandung pada jeruk dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, karena membantu kolesterol yang masuk lewat pencernaan untuk dibuang dan mengurangi penyerapan oleh usus. Hal ini telah dibuktikan melalui sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal nutrition research bahwa meminum jus jeruk dalam 60 hari menurunkan kadar LDL pada orang dengan tingkat kolesterol yang tinggi.

  1. Jantung

Jeruk mengandung natrium, yang merupakan suatu elektrolit yang penting dalam hal kelistrikan jantung. Kekurangan natrium bisa menyebabkan aritmia, yaitu denyut jantung yang tidak teratur. Menurut sebuah studi , natrium yang ditemukan pada buah jeruk membantu menurunkan tekanan darah yang dapat mencegah stroke. Asam folat yang juga ditemukan pada jeruk dapat menurunkan angka kejadian penyakit kardiovaskuler.

  1. Penglihatan

Jeruk juga kaya akan Vitamin A. Nutrisi ini bisa membantu mencegah degenerasi dari retina akibat usia, suatu hal dimana merupakan kondisi yang tidak dapat disembuhkan jika sudah terjadi. Vitamin C pada jeruk juga membantu mengurangi risiko terjadinya katarak pada pasien pasien lanjut usia.

  1. Kanker

Pada penelitian di Amerika didapatkan bahwa konsumsi jeruk dapat mengurangi angka kejadia leukimia pada anak-anak dan juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kanker usus besar pada dewasa.