Jeruk Nipis sebagai Terapi Diet Alami

DokterSehat.com– Tubuh yang ideal merupakan dambaan, tidak hanya wanita, tetapi juga pria. Khusus bagi wanita tidak hanya ideal saja, akan tetapi tubuh ramping, langsing adalah ukuran yang sangat diinginkan. Sampai-sampai telah menjadi obsesi bagi sebagian besar wanita. Akibatnya segala cara ditempuh demi mendapatkan tubuh yang ramping. Ada yang menggunakan cara sehat, seperti mengkonsumsi makanan rendah kalori dan berolahraga. Namun banyak pula yang menggunakan cara instan seperti obat pelangsing. Cara instan ditempuh karena diet sehat yang ditawarkan memakan waktu yang lebih lama dan dianggap kurang praktis. Berbagai obat pelangsing pun menjadi pilihan, padahal belum tentu benar-benar memberikan efek dapat menurunkan berat badan. Terlebih lagi kandungan di dalamnya juga belum tentu sehat, terkadang ada bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh.

10

Diet alami tentunya masih lebih baik dan tidak mebahayakan kesehatan tubuh. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan diet, misal lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung berbagai vitamin, dan zat lain yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah menggunakan jeruk nipis.

Sudah banyak diketahui bahwa jeruk nipis memiliki manfaat yang bermacam-macam, diantaranya masker wajah, obat batuk, bumbu masak, menghilangkan bau amis pada peralatan makan, dan masih banyak lagi. Tanaman yang berasal dari India sebelah utara ini mengandung banyak air dan vitamin C yang tinggi. Sebagai menu untuk diet, kandungan vitamin C tersebut sangat baik dalam melarutkan lemak dalam tubuh. Rasa asam dan unsur pectin yang terkandung di dalamnya membantu menghilangkan racun-racun dalam tubuh, seperti kolestoral jahat.

Sebagai terapi untuk menurunkan berat badan, campurkan perasan jeruk nipis ke dalam segelas air putih hangat. Minumlah secara rutin setiap pagi, siang, dan malam. Kandungan jeruk nipis mampu mengikis lemak-lemak yang ada dalam tubuh. Bagi yang merasa terlalu asam, segelas air jeruk nipis dapat dicampur dengan madu. Selain itu, dapat dicampurkan ke dalam berbagai jenis makanan seperti salad. Untuk hasil yang lebih baik, olahraga akan lebih cepat membantu menurunkan badan. Tidak harus olahraga berat, olahraga sederhana seperti berjalan kaki dan lari pun dapat dilakukan. Perlu dicatat pula, cara diet menggunakan jeruk nipis ini tidak dianjurkan bagi penderita maag/lambung.