Jeruk Nipis Mampu Mengatasi Masalah Kulit Bersisik

DokterSehat.Com – Setiap wanita tentu mengharapkan kulit yang selalu sehat, cantik, mulus, dan berseri. Untuk mendapatkannya, kita tentu harus rajin membersihkan dan merawat kesehatan kulit. Sayangnya, kadangkala kita mengalami masalah kesehatan kulit yang cukup sulit untuk diatasi layaknya masalah kulit kering. Bagi kaum hawa sendiri, masalah kulit kering, khususnya yang membuat kulit terlihat bersisik dan kusam, tentu akan membuat penampilan kulitnya menjadi tak lagi cantik dan bahkan bisa menurunkan rasa percaya diri.

doktersehat-jeruk-nipis-jeruknipis

Untuk mengatasi masalah kulit kering yang bersisik, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menggunakan lotion yang bisa mengembalikan kelembaban alami kulit. Sayangnya, efek dari penggunaan lotion ini hanya akan berlangsung sementara dan begitu efek dari lotion ini hilang, maka kulit pun akan kembali kering, kusam, dan bersisik. Lantas, apakah ada cara lain yang lebih efektif untuk mengatasi masalah kulit tersebut?

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi masalah kulit kering dan bersisik ini. Di dalam jeruk nipis, kita bisa menemukan senyawa kimia saponin, tanin, serta steroid triterpenoid yang bisa mengembalikan elastisitas pada kulit sekaligus melembabkannya kembali. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu memotong jeruk nipis menjadi dua dan menggosok-gosokkan bagian dalam jeruk pada kulit yang kering dan bersisik. Biarkan saja hingga mengering agar nutrisi di dalam jeruk nipis bisa meresap di dalam kulit dan setelahnya kita bisa kembali menggosok-gosokkan jeruk nipis pada bagian kulit yang cenderung keras layaknya siku, mata kaki, atau lutut. Setelahnya, kita hanya tinggal membilasnya hingga bersih.

Yang menarik adalah, kita juga bisa memberikan sari jeruk nipis pada kulit kepala kita. Dengan menggunakannya, maka kita pun bisa mengatasi bau apek yang kerap muncul pada kulit kepala sekaligus membuat kepala kita menjadi lebih segar.