Jeruk Nipis mampu Mencegah Batu Ginjal

DokterSehat.com – Ginjal berfungsi untuk menyaring dan mengeluarkan racun maupun kelebihan mineral dalam tubuh melalui urin. Batu ginjal merupakan salah satu masalah pada ginjal yang dapat mengakibatkan tubuh mengalami keracunan.



Batu ginjal adalah kumpulan batu kecil yang mengkristal pada saluran kencing pria maupun wanita. Masalah batu ginjal ini dapat disebabkan berbagai faktor, antara lain:

1. Kurang minum air putih yang berdampak sedikitnya jumlah urin yang dikeluarkan.

2. Terlalu lama menahan kencing sehingga membuat urin jadi pekat

3. Adanya endapan batu dalam saluran kemih akibat urin mengandung kadar garam yang pekat.

4. Banyaknya zat kimia dalam urin

5. Terlalu banyak mengonsumsi kalsium dan vitamin D yang tidak larut sepenuhnya.

Seiring berjalannya waktu ancaman batu ginjal makin menunjukkan peningkatan. Oleh karena itu, masalah ini harus segera ditangani.

Baru-baru ini muncul penelitian yang menyebutkan bahwa jeruk nipis mampu menghambat pembentukkan batu ginjal.

Penderita batu ginjal memiliki kadar sitrat yang rendah sehingga lebih berisiko mengalami batu ginjal. Menurut dr. Dharmeizar, Sp, PD-KGH jeruk nipis mengandung asam sitrat yang baik bagi penderita batu ginjal. Untuk memperoleh manfaat dari jeruk nipis penderita batu ginjal bisa mengonsumsi setiap hari  segelas air yang sudah dicampur perasan dua buah jeruk nipis.

Selain jeruk nipis, cara lain yang dapat mencegah batu ginjal adalah dengan cukup mengonsumsi air putih, menerapkan pola hidup sehat, olahraga secara teratur, menjaga tekanan darah, menjaga kestabilan gula darah, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi obat tanpa pemeriksaan fungsi ginjal terlebih dahulu.

Dr. Dharmeizar mengingatkan untuk selalu mengonsumsi air putih dua liter per hari agar urin encer dan tidak berbentuk kristal. Disarankan pula untuk mengurangi makanan berprotein tinggi sebanyak 50 gram protein per hari.

Baca Juga:  Pacar Cina Berkhasiat Atasi Masalah Haid

Kebutuhan cairan tubuh sebenarnya sudah terpenuhi dengan mengonsumsi air putih. Untuk mendapatkan elektrolit cukup dengan mengonsumsi buah pepaya dan pisang.

Dari berbagai sumber