Jeruk Nipis Baik Berkhasiat Bagi Perokok

DokterSehat.Com– Meskipun kampanye berhenti merokok terus digalakkan oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan, dalam realitanya jumlah perokok di Indonesia masih sangat tinggi. Menurut data Kementerian Kesehatan RI tahun 2016, jumlah perokok di Indonesia mencapai 36,4 persen dari total populasi seluruh Indonesia. Yang menjadi masalah adalah, cukup banyak anak-anak atau remaja yang kini juga ikut merokok.

doktersehat-jeruk-nipis-jeruknipis

Tingginya jumlah perokok di Indonesia disebabkan oleh banyaknya iklan-iklan rokok yang bisa ditemui di berbagai tempat, bahkan yang dekat dengan sekolah sekalipun. Selain itu, ada sebuah anggapan yang menyebutkan bahwa rokok adalah tanda kejantanan seorang pria dan bisa menyegarkan pikiran saat stress.

Mengingat rokok sangatlah beracun dan bisa memicu datangnya berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, ada baiknya para perokok berusaha untuk berhenti menghisapnya. Sayangnya, berhenti merokok bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan karena adanya kandungan nikotin dari rokok yang bisa memicu kecanduan. Jika anda sedang mulai menurunkan frekuensi merokok agar bisa berhenti merokok, cobalah juga mengkonsumsi jeruk nipis yang diyakini mampu membersihkan organ paru-paru.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan dengan memakai alat GC-MS, diketahui bahwa air perasan jeruk nipis bisa menurunkan kadar zat kimia berbahaya layaknya nikotin hingga 70 persen. Bahkan, pakar kesehatan yakin jika kandungan dalam air perasan jeruk nipis ini bisa menurunkan kecanduan pada rokok. Tak hanya itu, kandungan vitamin C yang sangat tinggi di dalamnya bisa berperan sebagai antioksidan pada tubuh yang akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai macam penyakit, termasuk kanker.

Melihat adanya fakta ini, para perokok sebaiknya mulai rutin mengkonsumsi air perasan jeruk nipis dan sebisa mungkin segera berhenti menghisap rokok jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat.