Jeruk, Cara Alami Menurunkan Resiko Kanker Paru-Paru Akibat Merokok

DokterSehat.Com – Medical News Today, baru-baru ini memberitakan sebuah fakta kesehatan terbaru dimana konsumsi sayuran dan buah-buahan yang memiliki pigmen warna yang cerah layaknya jeruk dan paprika akan membuat kita secara alami menurunkan resiko untuk terkena kanker paru-paru yang kerap kali disebabkan oleh kebiasaan buruk merokok. Bagaimana cara jeruk, paprika, dan berbagai buah dan sayuran berpigmen cerah ini mampu melakukannya?

doktersehat-jeruk-lemon

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jean Mayer United States Department of Agriculture Human Nutrition Research Center on Aging yang ada di Tuft University, Boston, dan hasilnya dipublikasikan dalam Journal Cancer Prevention Research ini, menghasilkan fakta menarik dimana di dalam buah-buahan atau sayuran yang berwarna cerah ternyata memiliki kandungan senyawa yang disebut sebagai betacryptoxanthing (BCX). Senyawa ini diyakini akan sangat efektif dalam menurunkan jumlah reseptor nikotin yang biasanya menjadi sumber bahan bakar yang dibutuhkan oleh tumor dan kanker untuk berkembang di paru-paru.

Xiang-Dong Wang, pemimpin penelitian ini, berkata bahwa kandungan betacryptoxanthing (BCX) ini ternyata termasuk dalam golongan karotenoid yang memang mampu menentukan pigmen berwarna cerah pada sayuran dan buah-buahan layaknya kuning, oranye, dan merah pada sayuran dan buah-buahan. Yang menarik adalah, senyawa BCX ini secara efektif mampu menghambat pengembangan kanker paru-paru yang memang terjadi pada mereka yang suka merokok.

Bagi para perokok, hasil penelitian ini bisa menjadi kabar gembira mengingat mereka tinggal mengkonsumsi jeruk dan berbagai sayuran atau buah-buahan lainnya yang berpigmen cerah untuk menurunkan resiko terkena kanker paru-paru. Namun, bukan berarti para perokok bisa dengan enteng meneruskan kebiasaan buruknya ini mengingat satu-satunya cara untuk mereka tetap terbebas dari resiko penyakit mematikan ini adalah dengan berhenti merokok.